Hama Wereng Serang Ratusan Hektare Taman Padi di Tanggamus

Tanggal 10 Nov 2019 - Laporan - 873 Views
Ilustrasi. Foto. Dok.

MOMENTUM, Tanggamus--Ratusan hektare tanaman padi sawah di tiga kecamatan di Kabupaten Tanggamus diserang hama wereng. Sebagian tanaman tak bisa lagi diselamatkan alias gagal panen.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanggamus, Hasanudin menyebutkan, serangan hama wereng itu terjadi di wilayah Kecamatan Wonosobo, Semaka dan Kecamatan Kotaagung.

Ratusan hektare tanaman padi sawah siap panen yang terserang hama wereng antara lain di Pekon Banjarsari, Banjarnegoro, Dadisari, Dadirejo Kecamatan Wonosobo. Sementara di Kecamatan Semaka, hal serupa terjadi di Pekon Karangagung dan Srikaton. Di Kecamatan Kotaagung yakni di Kelurahan Baros.

Di Kecamatan Wonosobo, serangan wereng dengan klasifikasi ringan seluas 71 ha, sedang 30 ha, berat 21 ha dan fuso 13 ha.Di Kecamatan Semaka ringan 4 ha, sedang 2 ha, berat 4 ha dan fuso 1 ha. Di Kotaagung, kerusakan baik ringan hingga berat masing-masing seluas satu hektae.

Akibat serangan hama wereng itu, ratusan hektare sawah yang seharusnya menghasilkan lima sampai enam ton padi per hektare atau total sekitar 60 ton padi, gagal panen.

Untuk mengantisipasi agar serangam hama wereng tidak meluas, kata dia, pihaknya melibatkan keluarga tani, yang dibina KUPT, pengendali organisme pengganggu tumbuhan (POPT), penyuluh pertanian lapangan (PPL) yang difasilitasi insektisida oleh Dinas Pertanian Provinsi Lampung untuk bersama-sama melakukan pengendalian hama di wilayahnya.

"Kami juga menggugah para petani, untuk memutus mata rantai hama wereng. Caranya, merubah pola tanam tidak hanya padi, tetapi diseling dengan palawija," katanya.

Pola tanam bergantian komoditas itu, otomatis akan mematikan wereng karena tidak memiliki tempat berkembang-biak," katanya.

Ia menambahkan, untuk saat ini berdasarkan laporan dari 20 kecamatan baru tiga kecamatan yang terdampak hama wereng hingga mengalami fuso, jelas Hasanudin.

“Penanggulangannya juga ada satu lagi. Kami berharap para petani mengikuti asuransi usaha tani, asuransi ini satu ha para petani membayar Rp36 ribu, dan pada saat ada kejadian Fuso seperti ini mereka mendapatkan Rp6 juta per ha, dengan demikian bisa menutupi kerugian,”tandas Hasanudin.(glh/jal).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


PTPN I Regional 7 Lepas 57 Jemaah Calon Haji ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Sebanyak 57 jemaah calon haji keluarga ...


PGN Kombinasikan Strategi Integrasi dan Agreg ...

MOMENTUM, Jakarta --  Availability dan accessibility energi ...


HUT ke-59, PGN Tegaskan Rencana Strategis Dor ...

MOMENTUM, Jakarta--PT PGN Tbk tepat berusia 59 tahun pada 13 Mei ...


Stan Dekranasda Pringsewu Terbaik Pertama Lam ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasd ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com