Zaiful: PSBI Fokus Penguatan Ekonomi Rumah Tangga

Tanggal 24 Nov 2019 - Laporan - 591 Views
Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari. Foto. Ist.

MOMENTUM, Batanghari--Komisi XI DPR RI berdialog penerimaan bantuan Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) dan UMKM binaan Bank Indonesia di Balai Desa Bumiharjo, Kecamatan Batanghari, Lampung Timur (Lamtim), Jumat (22-11-2019).

Dihadiri Wakil Ketua Komisi XI Fathan, Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari, Kepala Bank Indonesia Lampung, Budiharto Setyawan, serta Kasi Pemberdayaan Koperasi Dinas Koperasi Provinsi Lampung, Andi, Anggota DPRD Lamtim Abasuki.

Turut hadir pejabat Lamtim, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Datang Cahaya Wartawan, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumberdaya Manusia, M. Yusuf HR, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, dan Tenaga Kerja, Budi Yull Hartono. 


Pada kesempatan itu, Fathan mengatakan, struktur perekonomian nasional harus seimbang dan berkeadilan. Karena itu, UMKM harus tangguh dan mandiri.

Program Sosial Bank Indonesia merupakan bentuk kepedulian dan kontribusi dalam memecahkan masalah sosial ekonomi yang dihadapi masyarakat. 

Sementara Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari mengatakan, sejalan dengan program transformasi Bank Indonesia, PSBI juga berubah. Paradigma filantropi mulai ditinggalkan menuju pemberdayaan berkelanjutan. Lebih spesifik, PSBI kini difokuskan pada program penguatan ekonomi rumah tangga.


“Pertumbuhan ekonomi masyarakat harus sejalan dengan pengembangan perluasan klaster dan komoditi lainnya. Sehingga bukan hanya klaster UMKM unggulan seperti Produksi Karya Indah Bordir, tetapi juga bisa peternakan, pertanian, perkebunan, atau bahkan kerajinan yang lain,” ujar Zaiful.

UMKM merupakan salah satu solusi permasalahan ekonomi di Lampung Timur yang harus dikembangkan. Karena itu, PSBI harus diperluas. Perlu ada mapping pengrajin-pengrajin UMKM jenis lain yang potensial, atau bahkan bisa juga pengrajin jenis yang sama tetapi di tempat lain.


Bupati yang akrab disapa Bang Ipul berharap melalui kegiatan ini dapat menghasilkan yang terbaik untuk Lampung Timur.

“Bapak ibu sekalian, dalam kesempatan ini kami ucapkan ribuan terimakasih atas kunjungan komisi XI DPR Ri di Lampung Timur, Insyallah ini akan menghasilkan yang terbaik nantinya untuk Kabupaten Lampung Timur, khususnya di Kecamatan Batanghari”.

Di tempat yang sama, menjawab salah satu pertanyaan dari peserta dialog, Kepala Bank Indonesia Lampung, Budiharto Setyawan menjelaskan, saat ini Bank Indonesia juga memiliki program wirausaha yang bernama (WUBI).

“Untuk program wirausaha Bank Indonesia memang ada namanya WUBI. Sementara untuk pengembangan UMKM maupun PSBI, kami melakukan kerjasama dengan pemerintah daerah," katanya.

Disebutkan, kerja sama itu antara lain menangani komoditas kopi. Tujuannya, meningkatkan kualitas dengan memberika  bantuan alat pengering dan pengolah. "Targetnya, menghasilkan kopi kualitas ekspor," katanya. (advertorial).

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ketua PKK Lampung Hadiri Puncak Peringatan Ha ...

MOMENTUM, Surakarta -- Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung, ...


Sejumlah Tokoh Nasional dan Lampung Iringi Pe ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Mendiang tokoh Nahdatul Ulama (NU) Lampu ...


Tokoh Lampung Berdatangan Takziah di Kediaman ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Masyarakat Lampung kehilangan tokoh besa ...


Besok, Mendiang KH Arief Mahya Dikebumikan di ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemakaman jenazah tokoh Nahdatul Ulama ( ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com