Disdukcapil Bandarlampung Operasikan Mesin ADM

Tanggal 10 Des 2019 - Laporan - 644 Views
Ilustrasi. Mesin Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM)./ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukcapil) Kota Bandarlampung akan mengoperasikan mesin Anjungan Disdukcapil Mandiri (ADM) guna memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat setempat.

Hal itu disampaikan Kepala Disdukcapil Bandarlampung, A Zainuddin kepada harianmomentum.com, Selasa (10-12-2019).

Menurut dia, penggunaan mesin ADM dapat memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK).

Dia juga mengatakan, mesin ADM itu telah diluncurkan oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Dirjendukcapil) beberapa waktu lalu.

"Mesin ADM tersebut sistem kerjanya tidak jauh berbeda dengan mesin ATM. Kalau ADM diperuntukkan untuk mencetak KTP, KK, Kartu Identitas Anak (KIA) serta Akte," ujarnya.

Jika ingin membuat KTP, Zainuddin menambahkan, warga terlebih dahulu menghadap petugas untuk memberikan nomor telepon agar diberikan semacam pin melalui SMS serta QR (Quick respon) Code untuk melakukan proses registrasi di mesin ADM tersebut.

"Jadi yang bersangkutan harus sudah melengkapi semua persyaratan yang telah ditentukan," katanya.

Setelah itu, KTP yang dibuat akan otomatis tercetak dan keluar dari mesin ADM tersebut tanpa harus menunggu lama. Sama halnya dengan membuat KK, persyaratannya tidak jauh berbeda dengan membuat KTP.

"Warga harus menghadap petugas terlebih dahulu, setelah itu sama diberikan pin melalui SMS lalu mengikuti petunjuk yang telah disediakan," ujar dia.

Dia menambahkan, mesin ADM tersebut diperuntukkan bagi pelayanan masyarakat dalam mengurus administrasi supaya lebih cepat tanpa harus menunggu lama.(vaw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pringsewu Pelajari Sistem Pelayanan Terpadu d ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu mel ...


Pekon Ganjaran Salurkan Bantuan Beras kepada ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Ganjaran, Kecamatan Pagel ...


508 Pegawai di Kabupaten Mesuji Terima SK PPP ...

MOMENTUM, Mesuji -- Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menyerahkan S ...


Dirawat di RSUAM, Satu JCH Lamtim Tunda Keber ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Satu jemaah calon haji (JCH) dari Lampun ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com