Lamtim Gelar Diklat Kader Bela Negara

Tanggal 26 Des 2019 - Laporan - 616 Views
Pembukaan Diklat Bela Negara di Kabupaten Lampung Timur

MOMENTUN, Sukadana--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur (Lamtim) menggelar Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kader Bela Negara, Kamis (26-12-2019).

Diklat yang berlangsung di Gedung Islamic Centre Sukadana itu dibuka Pelaksana tugas (Plt) Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra.

"Diklat ini bertujuan menguatkan jati diri dan karakter pemuda Indonesia. Karena itu pemuda sebagai harapan bangsa harus siap berperan sejalan dengan tugasnya sebagai motor pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk," kata Almaturidi mewakili Bupati Zaiful Bokhari.

Dia menambahkan dalam perspektif pertahanan, kompleksitas aman digolongkan dalam ancaman militer dan ancaman nonmiliter.

"Saya yakin bila seluruh warga negara memiliki kesadaran bela negara dan mengaktualisasikannya dalam kehidupan sehari-hari maka akan memberi efek penggentar (detterence effect) bagi bangsa dan negara lain yang ingin mengancam kedaulatan negara, keutuhan wilayah dan keselamatan segenap bangsa Indonesia," jelasnya 

Dia menegaskan bela negara merupakan tanggungj awab dan kehormatan setiap warga negara. Karena itu, tidak seorang pun warga negara boleh dihindarkan dari kewajiban ikut serta dalam pembelaan negara kecuali ditentukan dengan undang-undang.

Kaban Kesbangpol Lamtim Wirham Riadi mengatakan, diklat tersebut  diikuti oleh 48 peserta dan berlangsung selama tiga hari.

"Peserta berasal beberapa organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan. Masing-masing mengirimkan lima peserta," kata Wirham. (rif)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com