Bangun SPAM Way Sepagasan, Pemkab Pringsewu Gandeng Dua Lembaga

Tanggal 06 Jan 2020 - Laporan - 659 Views
Penandatanganan kerja sama pembangunan SPAM Way Sepagasan

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu menjalin kerja sama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji-Sekampung dan Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung.

Kerja sama yang ditungkan dalan nota kesepahaman itu ditandatangi Bupati Pringsewu Sujadi Kepala BBWS Mesuji-Sekampung Abdul Muis dan Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung Maria D. Isa. Penandatanganan berlangsung di ruang rapat utama kantor pemkab setempat, Senin (6-1-2020).

Bupati Pringsewu Sujadi mengatakan, kerja sama itu bentuk komitmen bersama terkait rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Way (sungai) Sepagasan.

"Dengan kerja sama ini, kita berharap  pelaksanaan maupun hasil pembangunan SPAM Way Sepagasan  benar-benar sesuai harapan dan membawa kemaslahatan bersama," kata bupati.

Bupati berharap, nantinya keberadaan SPAM Way Sepagasan, tidak hanya dinikmati  masyarakat yang berada di utara sungai, tetapi juga yang berada di selatan. "Untuk instalasi pipa jaringan bisa dipasang di bawah Jembatan Way Sekampung yang nanti juga akan dibangun," harapnya. 

Hal senada disampauikan Kepala BBWS Mesuji-Sekampung Abdul Muis. Menurut dia, kerja sama itu sebagai komitmen bersama dalam rangka membangun sesuai aturan yang berlaku. 

"Semoga di akhir tahun 2020 sebagian sudah dapat diselesaikan. Karena keterbatasan anggaran, jadi dibangun secara bertahap," katanya.

"Selama enam bulan kami  akan terus memonitor, sehingga apa yang menjadi kekurangan dan kelemahannya dapat diketahui. Setelah selesai di akhir 2020 nanti, akan ada proses serah terima kelola," kata Abdul Muis.

Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Lampung Maria D. Isa menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Pringsewu yang menginisiasi kerja sama tersebut. 

"Awalnya memang sudah ada di DPA kami sebesar Rp62 miliar. Tetapi setelah dicek kembali, ternyata masih membutuhkan Rp25 milyar lagi," katanya.

Maria juga mengatakan saat ini kondisi PDAM Way Sekampung Pringsewu kurang sehat "Tahun lalu kondisinya kurang sehat, tapi saat ini justru sakit. Tagihan dari pelanggan tak mampu menutupi biaya operasional," ungkapnya. Namun demikian, ia juga mengapresiasi komitmen Pemkab Pringsewu yang dinilai bagus. (lis)


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Jokowi Dijadwalkan Kunjungan ke Lampung ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalka ...


Bangkit Minta OPD Laksanakan P4GN ...

MOMENTUM, Metro--Sekretaris Daerah Kota Metro Bangkit Haryo Utomo ...


Sejak Januari hingga Juni, 48 Bencana Alam Te ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Puluhan kali bencana alam terjadi di Lam ...


Pemkab Pringsewu Ajukan Rencana Pendapatan 20 ...

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu mengajukan an ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com