BMKG: Waspada Gelombang Tinggi

Tanggal 09 Jan 2020 - Laporan - 798 Views
Ilustrasi. Gelombang Tinggi berpotensi terjadi di Perairan Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Maritim Lampung mengimbau nelayan dan masyarakat yang berada di kawasan pantai untuk mewaspadai terjadinya gelombang tinggi.

Prakirawan BMKG Stasiun Maritim Neneng Kustini mengatakan mulai Kamis (9-1-2020) pukul 19.00 WIB hingga Jumat (10-1) pukul 19.00 WIB, gelombang di perairan Lampung cukup tinggi.

Diperkirakan gelombang setinggi 1,25 hingga 2,5 meter berpotensi terjadi di Perairan Timur Lampung Bagian Selatan dan Teluk Lampung Bagian Selatan.

"Sementara, gelombang dengan ketinggian 2,5 hingga empat meter berpotensi terjadi di Perairan Barat Lampung, Selat Sunda Bagian Barat serta Samudera Hindia Barat Lampung," kata Neneng kepada harianmomentum.com.

Karena itu, dia mengimbau kepada masyarakat yang beraktifias di kawasan pantai untuk lebih berhati-hati terhadap potensi gelombang tinggi. "Gelombangnya lumayan tinggi, jadi masyarakat yang beraktifias di laut dan kawasan pantaiharap berhati-hati, demi keselamatan," imbaunya.

Dia menjelaskan gelombang tinggi terjadi karena adanya peningkatan kecepatan angin di perairan Lampung. Kondisi itu akibat tekanan angin di Utara Benua Australia relatif rendah.

"Kecepatan angin di seluruh perairan Lampung dapat mencapai 25 knot. Bahkan untuk Samudera Hindia bagian Barat Lampung, kecepatan anginnya mencapai 40 knot," jelasnya. (vaw)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Waspada! Awal Tahun 2021 Beberapa Wilayah Dip ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Waspada potensi hujan lebat yang dapat d ...


Suara Terompet dan Kembang Api Berganti Rinti ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Malam tahun baru sunyi. Tak ada festiva ...


CCC Minta Perda Perlindungan Anak Turut Prior ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Salah satu lembaga yang fokus di dalam p ...


BMKG: Waspada Gelombang Tinggi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofis ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com