Perbaiki Data, BPS Lamtim Segera Sensus Penduduk 2020

Tanggal 07 Feb 2020 - Laporan - 811 Views
Rapat koordinasi sensus penduduk tahun 2020 di Kabupaten Lampung Timur.

MOMENTUM, Sukadana--Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Lampung Timur akan melakukan sensus penduduk tahun 2020, guna memperbaiki keakuratan data kependudukan di wilayah setempat.

Hal itu disampaikan Bupati Lampung Timur Zaiful Bokhari saat membuka rapat koordinasi sensus penduduk tahun 2020, Jumat (7-2-2020).

"Kesimpangsiuran sejumlah data dari berbagai Kementerian dan Lembaga menjadi salah satu penyebab tidak optimalnya pelaksanaan kebijakan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, untuk itu dibutuhkan satu data kependudukan," ujar Zaiful.

Zaiful mengimbau Aparatur Sipil Negara (ASN) dapat bersama-sama menyukseskan sensus penduduk yang akan dilaksanakan tahun 2020 ini.

"Data merupakan salah satu faktor yang paling penting dalam pembangunan, baik sebagai dasar dalam perencanaan maupun sebagai alat dalam mengevaluasi program-program pembangunan," katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik Lampung Timur Maryono mengatakan akan melaksanakan Sensus Penduduk yang ke-7. Sensus Penduduk menggunakan metode kombinasi dengan menggunakan data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data.

Maryono menambahkan sensus penduduk akan di laksanakan dalam dua tahap yaitu Sensus Penduduk Online yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Februari sampai 31 Maret 2020, dimana masyarakat bisa berpartisipasi langsung untuk melakukan update data kependudukannya melalui www.sensus.bps.go.id

Selanjutnya sensus Penduduk Wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 1 Juli sampai 31 Juli 2020, Pada tahap ini masyarakat yang belum melakukan Update data kependudukannya, akan didatangi oleh petugas Sensus Penduduk 2020 untuk dilakukan wawancara.

"Kami berharap peran serta masyarakat untuk dapat membantu menyukseskan pemutakhiran data kependudukan melalui sensus penduduk ini," kata Maryono.(rif)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Serahkan Tali Asih untuk Kafilah MT ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Penjabat (Pj) Bupati Ir. Mulyadi Irsan memb ...


Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care d ...

MOMENTUM, Ulubelu--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan m ...


Komitmen Bangun Desa, Pemdes Padang Ratu Real ...

MOMENTUM, Kotabumi--Desa Padang Ratu, Kecamatan Sungkai Utara, Ka ...


Nanang Ermanto Buka TMMD ke-120 di Lampung Se ...

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com