KPU Lampung Gelar Rakor Penyusunan Daftar Pemilih

Tanggal 17 Feb 2020 - Laporan - 927 Views
Ilustrasi pemutakhiran data pemilih//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung menggelar rapat koordinasi (rakor) pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih.

Kegiatan yang dihadiri para komisioner KPU delapan kabupaten/kota yang akan melangsungkan Pilkada 2020 dan beberapa komisioner KPU Lampung itu berlangsung di Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), 16 - 18 Februari 2020.

Hal itu disampaikan oleh Komisioner KPU Lampung Divisi Data dan Informasi Agus Riyanto melalui pesan whatsapp yang diterima harianmomentum.com, Senin (17-2).

“Rakor ini dalam rangka mengkonsolidasikan atau membangun kesiapan delapan KPU Kabupaten/Kota yang akan melaksanakan Pilkada serentak di September 2020,” kata Agus.

Dengan adanya rakor tersebut, Agus berharap KPU di delapan kabupaten/kota siap melaksanakan pekerjaannya sebagai penyelenggara pemilu, khususnya terkait pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih. 

“Kami berharap semua tahapan dan program pemutakhiran data dan penyusunan pemilih di Pilkada serentak 2020 benar-benar dilaksanakan dengan penuh integritas dan profesional oleh semua penyelenggara pemilihan di tingkat bawah: KPU kabupaten/kota, PPK, PPS dan PPDP,” harapnya. 


Lebih lanjut dia mengimbau seluruh penyelenggara pemilu untuk mewujudkan Pilkada 2020 yang berkualitas serta berintegritas.

“Totalitas kerja adalah prasyaratan bagi penguatan konsolidasi demokrasi yang harus dilakukan dan diperjuangkan secara sungguh-sungguh oleh KPU delapan kabupaten/kota di Provinsi Lampung,” jelasnya.

Sebab, sambung dia, banyak tantangan yang akan dihadapi mendatang dalam menjalankan semua tahapan dan program Pilkada serentak 2020.

“Terutama dalam proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih yang harus dilakukan. Mulai dari pemetaan dan penyusunan daftar pemilih berbasis TPS, perekrutan PPDP, dan persiapan Coklit (pencocokan dan penelitian), serta penetapan DPS, hingga penetapan DPT,” terangnya.

Dalam hal itu, kata Agus, KPU dan jajarannya harus mampu menghadirkan data pemilih yang akurat dengan validitas tinggi.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Baliho Cagub Colong Star Kampanye, Bawaslu Ta ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Terdapat beberapa titik baleho salah satu C ...


Kasat Reskrim Ingatkan Anggota PPK untuk Jala ...

MOMENTUM, Tanggamus -- Kasat Reskrim Polres Tanggamus Iptu Muhamm ...


KPU Tanggamus Lantik 100 Anggota PPK untuk Pi ...

MOMENTUM, Tanggamus --  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanggamu ...


Made Bagiasa Siap Ramaikan Pilbup Lamteng ...

MOMENTUM, Bandarlampung--I Made Bagiasa, anggota DPRD Provinsi La ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com