Ribuan Anggota Satlinmas Bandarlampung Dikukuhkan

Tanggal 26 Feb 2020 - Laporan - 741 Views
Ribuan Anggota Linmas Bandarlampung saat dikukuhkan di GSG Unila.

MOMENTUM, Bandarlampung--Ribuan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kota Bandarlampung dikukuhkan. Pengukuhan itu berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung (Unila), Rabu (26-2-2020).

Berdasarkan data, secara keseluruhan total anggota Linmas Bandarlampung berjumlah 4.000 orang: 3602 anggota lama dan 398 hasil perekrutan terbaru.

Kepala Badan (Kaban) Polisi Pamong Praja (Pol PP) Bandarlampung Suhardi Syamsi mengatakan pengukuhan anggota Satlinmas didasari dua hal.

Pertama, dalam satu tahun terakhir di Kota Bandarlampung banyak terjadi gangguan keamanan dari orang yang berpaham radikalisme.

"Kedua, berdasarkan hasil laporan Polresta Bandarlampung, Kejaksaan Negeri serta Pengadilan Negeri, dari 2.000 kasus kriminal, ada 50 persen kasus narkoba," jelasnya.

Karena itu, Pemkot Bandarlampung pun merekrut ribuan anggota Linmas untuk membantu mengamankan dan mengurangi angka kriminalitas. "Mudah-mudahan, dengan pengukuhan Satlinmas, dapat mengurangi angka kriminalitas di kota setempat," harapnya.

Selain itu, menurut dia, dengan adanya Linmas dapat membantu penanggulangan bencana di wilayah kerja masing-masing, serta kegiatan sosial lainnya. 

"Termasuk membantu mewujudkan penyelanggaraan pemilu yang tertib dan aman. Sehingga menciptakan pemilu yang lancar," terangnya.

Sementara, Walikota Bandarlampung Herman Hn berharap anggota Linmas dapat melaksanakan tugas dengan baik di setiap kelurahan, RT serta lingkungan. 

"Saya juga berharap Satlinmas dapat membantu tugas pemkot setempat, seperti yang disampaikan Kaban Pol PP," harapnya.

Dia mengingatkan Satlinmas agar tidak pandang sebelah mata dalam melaksanakan tugas. "Kalau ada narkoba, berantas langsung laporkan kepada polisi. Tetapi jangan hanya narkoba, kasus yang lain juga diberantas," tegasnya.

Laporan: Vino Wijaya

Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Sempat Dirawat di RSUAM, Kondisi Satu JCH Lam ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kondisi jemaah calon haji (JCH) asal Lam ...


Pringsewu Pelajari Sistem Pelayanan Terpadu d ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Jajaran Pemerintah Kabupaten Pringsewu mel ...


Pekon Ganjaran Salurkan Bantuan Beras kepada ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Pemerintah Pekon Ganjaran, Kecamatan Pagel ...


508 Pegawai di Kabupaten Mesuji Terima SK PPP ...

MOMENTUM, Mesuji -- Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar menyerahkan S ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com