Jadi Presiden Dema UIN, Pratama: Budaya Membaca Kian Berkurang

Tanggal 05 Mar 2020 - Laporan - 802 Views
Swafoto pasca rapat senat mahasiswa UIN Raden Intan. Foto. Rifat.

MOMENTUM, Bandarlampung--Alandra Pratama terpilih menjadi Presiden Dewan Mahasiswa (Dema) Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung.

Ia terpilih melalui musyawarah Senat Mahasiswa (Sema) UIN Raden Intan yang berlangsung di ruang sidang Rektorat UIN di Sukarame, Bandarlampung, pada Kamis (5-3-2020).

Dalam sambutannya, ia menyampaikan akan membangun budaya intelektual di lingkungan UIN Raden Intan. Hal itu karena budaya membaca dan berdiskusi di kampus tersebut semakin berkurang.

Kampus merupakan tempat mahasiswa bebas mengekspresikan gagasannya. Untuk itu menurutnya mesti ada ruang dialog untuk mempertemukan gagasan tersebut.

"Kampus kita memiliki ribuan mahasiswa yang pasti memiliki gagasan yang berbeda-beda yang mesti difasislitasi," tuturnya.

Ia menambahkan perbedaan pendapat dan gagasan itu bisa menjadi kekuatan tersendiri bagi UIN Raden Intan. Untuk itu, mesti ada yang bisa menampung semua gagasan untuk direalisasikan.

"Ini bisa menjadi kekuatan kita, tapi juga bisa menjadi boomerang jika tak bisa dikelola dengan baik," terang mahasiswa Fakultas Hukum, semester enam itu.

Merawat gagasan yang beragam dalam dialog intelektual, tambahnya, adalah bagian dari merawat pluralisme dalam ranah pendidikan. "Keragaman pemikiran dalam kampus UIN merupakan bahan untuk melatih diri dalam kepedulian terhadap pluralisme," ungkapnya. 

Laporan: Rifat Arif.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


LPM Berikan Pendampingan Academic Skills kepa ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Dalam menumbuhkan kultur akademik, Lemb ...


Resmi Dilantik, 16 PPPK UIN RIL Formasi 2023 ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Enam belas Pegawai Pemerintah dengan Pe ...


Menuju Institusi Unggul, UIN RIL Tingkatkan K ...

MOMENTUM, Bandar Lampung--Peningkatan kompetensi dosen merupakan ...


Mahasiswa Asing IIB Darmajaya Belajar Bahasa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam meningkatkan pemahaman dan penguas ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com