Warga Metro Diminta Tidak Panik, Pairin Jelaskan Masalah Corona

Tanggal 05 Mar 2020 - Laporan - 1063 Views
Walikota Metro Achmad Pairin

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro mengimbau masyarakat tidak panik, terkait virus corona yang mulai menjangkit di Indonesia. Imbauan tersebut disampaikan Walikota Achmad Pairin, Kamis (5-3-2020).

Menurut Pairin, menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan merupakan cara paling efektif untuk mengatisipasi penularan virus penyakit yang bisa menyebabkan kematian tersebut. Karena itu, masyarakat diminta untuk tidak panik.

"Masyarakat jangan panik, jaga selalu kebersihan.Virus Corona bisa menyebar jika suhu cuaca di bawah 30 derajat celsius. Suhu cuaca di daerah kita lebih dari 30 derajat celsius. Itu artinya, virus corona tidak bisa bertahan lama jika berada pada suhu di atas 30 derjat celcius," kata Pairin.

Dia menerangkan, penularan virus corona bisa melalui udara atau kontak  langsung dengan penderita. 

"Proses penularannya di bawah radius dua meter dengan penderita. Angka kematian akibat virus Corona ini juga hanya dua hingga tiga persen saja. Jadi masih lebih tinggi angka kematian yang disebabkan penyakit-penyakit lain," terangnya.

Untuk mengatisipasi penularan virus yang pertama kali mewabah di Kota Wuhan, China itu, saat ini Pemkot Metro telah membentuk tim khusus. Salin itu, pemkot juga sudah mendatangkan ahli kesehatan untuk melakukan upaya pencegahan dan penanganan, jika ada warga yang suspect corona.

"Kami sudah mendatangkan tenaga ahli kesehatan yang mengetahui betul dalam menangani Virus Corona ini, juga membentuk tim khusus, yang akan menyosialisasikan ke masyarakat tentang antisipasi penularan virus corona," jelasnya. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


IKBI Kebun Beringin Persembahkan Gigimu Mutia ...

MOMENTUM, Muaraenim--Memanfaatkan ekspertasi yang dimiliki pengur ...


Dinkes Mesuji Imbau Masyarakat Gunakan Masker ...

MOMENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mengimbau masy ...


Dinkes Pringsewu Evaluasi Jejaring Skrining L ...

MOMENTUM, Pringsewu--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pringsewu ...


Pemerintah Tarik 5.805 Unit Alkes Berbahan Me ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah menarik alat kesehatan (alk ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com