Melebihi Ketentuan, Bacalon Tujuh Pekon akan Diseleksi

Tanggal 11 Mar 2020 - Laporan - 871 Views
Tri Haryono, Kepala Bidang Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan dan Aset Pekon DPMP Pringsewu. Foto. Sulistyo.

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah menetapkan peserta pemilihan kepala pekon/desa (pilkakon) maksimal lima orang per pekon. Jika bakal calon yang mendaftar melebihi ketentuan akan diseleksi melalui ujian tertulis.

Di Kabupaten Pringsewu yang menyelenggarakan pilkakon serentak pada 13 Mei 2020 berjumlah 48 pekon. Pendaftar bakal calon peserta pilkakon yang lebih dari lima orang ada di tujuh pekon yang tersebar di lima kecamatan.

"Seleksi untuk bakal calon peserta pilkakon di tujuh pekon itu dilakukan pada 8 April mendatang. Hasilnya juga langsung diumumkan," kata Kepala Bidang Pemerintahan, Pembangunan, Keuangan dan Aset Pekon Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pekon (DPMP) Kabupaten PringsewuTri Haryono, mewakili Kadis Endang Budiarti. 

Seleksi melalui ujian tulis dilaksanakan di masing-masing pekon. Sebelum seleksi, panitia pilkakon tingkat pekon akan meneliti dan klarifikasi berkas administrasi bacalon kakon tambahan pada 25 Maret hingga 3 April.

Kemudian, persiapan dan pengarahan seleksi ujian tertulis pada 4-7 April. Jika hasilnya lebih dari lima balon, dilakukan tes/ujian tertulis. Materinya disiapkan Dinas PMP. Pelaksanaan seleksi dibantu panitia tingkat kecamatan dan pekon.

Disebutkan, tujuh dari 48 pekon yang bacalonya lebih dari lima tersebar di lima kecamatan. Yaitu, Pekon Podosari Kecamatan Pringsewu ada enam bacalon, Fajaragung (Pringsewu) tujuh bacalon, Bulokkarto (Gadingrejo) tujuh bacalon, Gadingrejo, (Gadingrejo) tujuh bacalon. 

Pekon  Bandungbaru (Adiluih) delapan bacalon, Rantautijang, (Pardasuka) ada enam bacalon dan Pekon Madaraya (Pagelaran Utara) ada enam bacalon. (*).

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Mulyadi Irsan Hadiri Penutupan Kary ...

MOMENTUM, Pulangpanggung--Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tanggamu ...


Bupati Lamteng Gugat Cerai Mardiana ...

MOMENTUM, Gunungsugih--Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Musa Ahmad ...


Wakili Pj Bupati, Sekkab Hamid Hadiri Tasyaku ...

MOMENTUM, Tanggamus--Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Tanggamus Hami ...


Nanang Ermanto dan Winarni Terima Satyalancan ...

MOMENTUM, Semarang--Kota Semarang, Jawa Tengah, menjadi tuan ruma ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com