Bayu Prasetya: Generasi Mellinial di Kursi DPRD Lampung Selatan

Tanggal 21 Mar 2020 - Laporan - 1314 Views
Bayu Prasetya

MOMENTUM, Kalianda--Bayu Prasetya, dilahirkan dan dibesarkan di Kota Medan, Sumatera Utara. Pendidikan formal strata satu juga diselesaikanya di Universitas Sumatera Muhammadiya Utara (UMSU), Medan.

Usai menampatkan pendidikan strata satu di UMSU, lelaki kelahiran  27 Mei 1990 itu merantau ke seberang lautan.  Pualu Bali menjadi pelabuhanya mengadu nasib sebagai pegawai di bidang perbankan.

Perjalanan nasib memang tiada yang tau. Begitu pula dengan Bayu. Adalah Heni Agusti Ratu gadis bersuku Lampung yang dipinangnya sebagai istri itulah yang akhir membuatnya menetap dan berkerja di wilayah Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan.

Tahun 2018, tanpa sengaja Bayu mulai bersentuhan dengan politik praktis dan bergabung di Partai Amanat Nasional.

Sebagai orang muda yang ngetren dengan sebutan anak millenial, Bayu memang banyak berintraksi dengan berbagai kalangan. Termasuk dari kalangan  politik.

"Awalnya saya hanya berdiskusi soal politik dengan temen. Waktu itu teman saya bilang. Kalau orang baik tidak terjun ke politik, maka politik dikuasai orang jahat. Kata-kata itu yang membuat saya terpanggil dan termotivasi terjun ke politk dan bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN)," tuturnya.

Pemilu tahun 2019, ayah dua anak itu maju sebagai calon anggota legislatif Kabupaten Lampung Selatan.

Kedekatanya dengan berbagai kalangan, terutama generasi melenial mengatarkanya duduk mengemban tugas sebagai anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan periode 2019-2024.

Di lembaga legislatif tersebut, Bayu dipercaya memangku jabatan sebagai Sekretaris Komisi I yang membidangi Hukum dan Pemerintahan.

"Sebagai anggota DPRD tentu saya harus menjaga amanah dan kepercayaan masyarakat sesuai bidang tugas hukum dan pemerintahan," tegasnya.

Menurut dia, fokus utama tugas di bidang hukum dan pemerintahan yangd ilaksanakanya adalah mengawal dan mendorong realisasi pengelolaan anggaran dana desa (DD) sesuai peruntukan.

"Sebelunya realisasi pengelolaan DD di Kabupaten Lampung Selatan sangat kurang maksimal dan efektif. Ini yang akan kita dorong dan kembangkan agar lebih optimal dan efektif. Termasuk untuk program-program pemberdayaan masyarakat dan generasi muda," terangnya.(alp/mnz)

BIODATA

Nama: Bayu Prasetya, S.E

Agama: Islam

Tempat/Tgl Lahir: Medan, 27 Mei 1990

Pendidikan: Strata Satu (S-1)

Jabatan: Sektetaris Komisi I DPRD Lampung Selatan

Partai politik: PAN

Nama Istri: Heni Agusti Ratu

Anak: Keenan Nararya Prasetya

           Ayeshakiko Tsabitha Prasetya

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com