DPRD Metro Minta Pemkot Rekayasa Lalu Lintas

Tanggal 23 Mar 2020 - Laporan - 1399 Views
Proses pembangunan Gedung Sessat Agung Bumi Sai Wawai di Kota Metro ini, masih terus dilajutkan

MOMENTUM, Metro--Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro meminta pemkot (pemerintah kota) melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan lokasi pembangunan Gedung Sessat Agung (GSA) Bumi Sai Wawai.

Anggota Komisi I DPRD Kota Metro Abdulhak mengatakan, rekayasa lalu lintas diperlukan agar tidak terjadi kemacetan di kawasan lokasi pembangunan gedung yang akan menjadi ikon Kota Metro itu.

"Pemkot harus melakukan rekayasa lalu lintas dengan memperhatikan andalalin (analisa dampak lalu lintas). Jangan sampai nanti arus keluar masuk kendaraan ke gedung itu malah menimbulkan kemacetan," kata Abdulhak pada Harianmomentum.com, Senin (23-3-2020).

Dia mengatakan, rekayasa lalu lintas dapat dilakukan dengan mengarahkan kendaraan keluar gedung Bumi Sai Wawai menuju Jalan Yos Sudarso.

Menurut dia, jika kendaraan mengarah ke jalan Jenderal Sudirman dan AH Nasution, akan berdampak pada penumpukan kendaraan. Akibatnya bisa memicu kemacetan lalu litas di persimpangan Tugu Pengantin dan Taman Merdeka Kota Metro.

"Namanya rekayasa lalu lintas, pintu keluar kan melalui satu jalur jalan Sosro Sudarmo. Jadi kendaraan diarahkan ke jalan Hasanudin, agar arus lalu lintas bisa dipecah. Jika kendaraan diarahkan ke taman merdeka, khawatir terjadi penumpukan kendaraan dan macet," terangnya.

Dia juga meminta pemkot menggunakan tenaga ahli dalam penanganan andalalin. "Cari konsultan yang benar-benar terakreditasi. Jangan hanya selesai di atas meja. Minta mereka menganalisa andalalin di sekitar GSA itu," tegasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Metro Basuki. Menurut dia, kapasitas GSA Bumi Sai Wawai yang diperkirakan mampu menampung 300 kendaraan roda empat/mobil, harus menjadi pertimbangan.

"Jika GSA mampu menampung sekitar 300 kendaraan, tentunya menjadi pertimbangan juga dalam andalalin yang akan diberlakukan. Kalau tidak, arus lalu lintas di kawasan jalan Jenderal Sudirman dan AH Nasution bisa macet," kata Basuki. 

Dia berharap, pemkot segera melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar GSA Bumi Sai Wawai. "Setiap pembangunan di tengah kota harus mempertimbangkan andalalin, supaya tidak berdampak buruk pada arus lalu lintas," imbaunya. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


BPK: Disdikbud Metro Tidak Cermat, Tugaskan G ...

MOMENTUM, Metro--Badan Pemeriksan Keuangan (BPK) Pewakilan Lampun ...


Dishub Metro pada 2024 Pasang 300 Lampu Jalan ...

MOMENTUM, Metro--Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro, rutin mel ...


5.174 Pelamar CASN Pemprov Lulus Administrasi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung me ...


Mesuji Gelar High Level Meeting Tim Percepata ...

MOMENTUM, Mesuji--Pemerintah Kabupaten Mesuji menggelar High Leve ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com