Satgas BUMN Sosialisasi Pencegahan Covid-19 di Terminal

Tanggal 24 Mar 2020 - Laporan - 706 Views
Sosialisasi pencegahan virus Corona di Terminal Rajabasa. Foto. Rifat.

MOMENTUM, Bandarlampung--Upaya pencegahan masifnya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia membutuhkan peran multipihak.

Hal itu juga dilakukan Polresta Bandarlampung. Bersama Kodim 0410 Bandarlapung dan Satgas Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Covid-19 PT Bukit Asam melakukan sosialisasi pencegahan virus Corona di Terminal Rajabasa, Selasa (24-3-2020).

Petugas menyampaikan materi tentang deteksi dini serta tindakan pencegahan penyebaran Covid-19. Misalnya, denan menjaga jarak (sosial distancing), menjaga pola hidup bersih dan sehat (PHBS), serta imbauan mengurangi keluar rumah kecuali untuk aktivitas yang mendesak.

Selain menggelar edukasi kepada pengunjung di lingkungan terminal, petugas juga membagikan masker serta penyemprotan disinfektan di lokasi strategis.

Dalam kegiatan, dibagikan sekitar 8.000 lembar masker, cairan pembersih tangan kurang lebih 30 liter, dan sekitar 4.000 liter cairan disinfektan akan disemprotkan di ruang publik terminal.

Polresta Bandarlampung, Kombes Pol Yan Budi Jaya menjelaskan sosialisasi di lingkungan terminal berkerjasama dengan PT Bukit Asam, prajurit TNI, dan aparat kepolisian setempat.

Selain harus bersatu mendukung program pemerintah terkait pencegahan Covid-19, dia juga mengimbau masyarakat tidak panik dan menjaga kesehatan.

"Jangan panik karena malah menambah kekacauan. Sembako kami jamin masih aman. Jika ada oknum yang menimbun akan kami amankan dan tentu ada konsekuensi hukumnya," ucap Yan Budi.

Dia berpesan agar masyarakat mengantisipasi penyebaran informasi hoaks mengenai mewabahnya virus Corona karena bisa membuat kepanikan dan kekacauan di masyarakat.

"Jangan cepat percaya dan terpengaruh oleh berita yang diterima. Cek kembali kebenaran dan faktanya dari sumber-sumber yang tepercaya dan kompeten. Jangan langsung menyebar berita yang diterima," jelasnya. (*).

Laporan: Rifat Arif.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com