Akhir April, Alat PCR Diprediksi Tiba di Lampung

Tanggal 20 Apr 2020 - Laporan - 615 Views
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana.

MOMENTUM, Bandarlampung--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung segera memiliki alat PCR (Polymerase Chain Reaction) bantuan dari Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Alat untuk mendeteksi Corona Virus Diease 2019 (Covid-19) dalam tubuh, melalui uji swab atau cairan tenggorokan itu diperkirakan datang pada akhir April 2020.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Lampung sekaligus Juru Bicara Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Reihana, Senin (20-4).

"Kita memang akan mendapat PCR, bantuan dari Kementerian BUMN. Diperkirakan akan datang sekitar akhir April. Yaitu tanggal 29 atau 30 April," terang Reihana.

Dia menjelaskan sambil menunggu kedatangan alat tersebut, Pemprov Lampung menyiapkan Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda).

"Sesuai dengan syarat yang harus ada. Salah satunya, ruangan yang bertekanan negatif, itu yang kini sedang dipersiapkan," jelasnya.

Selain itu, Reihana menyebut Pemprov juga sedang menyiapkan reagenatau reaktan untuk melakukan tes PCR untuk mengantipasi kekurangan.

"Walaupun nanti dapat reagen dari Kementerian BUMN, tapi mungkin tidak terlalu banyak. Kita juga menyiapkan ekstraksi RNA," sebutnya.

Kemudian, menurut dia, Pemprov juga telah memiliki tiga unit biosafety cabinet (BSC). "Yaitu kabinet-kabinet, waktu kita mengambil sample swab. Lalu kita melakukan ektraksi RNA. Untuk menghindari tertular bagi pengambil swab tersebut, maka dimasukkan ke BSC," tuturnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com