Wagub Serahkan LKPj 2019

Tanggal 30 Apr 2020 - Laporan - 692 Views
Suasana Rapat Paripuran yang diselenggarakan secara virtual.

MOMENTUM, Bandarlampung--Wakil Gubernur Chusnunia menyerahkan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPj) Kepala Daerah Provinsi Lampung Tahun Anggaran 2019 kepada Ketua DPRD setempat Mingrum Gumay.

Penyerahan itu berlangsung pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Lampung yang dilaksanakan secara virtual, Kamis (30-4-2020).

Penyerahan LKPj itu berdasarkan surat Nomor : 045/1065/01/2020 tanggal 18 Maret 2020 terkait Penyampaian LKPj KDH Provinsi Lampung Tahun 2019, yang ditujukan kepada DPRD setempat.

Chusnunia mengatakan LKPj itu merupakan informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang substansinya disesuaikan dengan Surat Menteri Dalam Negeri Nomor 700/479/OTDA tanggal 22 Januari 2020 perihal Format LKPj.

"Penyampaian LKPj ini sebagai bentuk pelaksanaan kewajiban Kepala Daerah dalam memberikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Sesuai ketentuan yang diatur dalam Pasal 69 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 dan Pasal 19 Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019," kata Chusnunia.

Nunik -sapaan Chusnunia- menyebutkan ada beberapa hal yang terdapat dalan LKPJ itu, antara lain: Pendahuluan, Dasar hukum, visi dan misi kepala daerah dan data umum daerah.

Kemudian, penjabaran APBD yang menjelaskan perubahan terhadap kegiatan dan alokasi terkait dengan pengelolaan pendapatan, belanja serta pembiayaan dalam rangka pencapaian target.

"Hasil penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, antara lain memuat capaian pelaksanaan program dan kegiatan, kebijakan trategis yang ditetapkan dan tindaklanjut rekomendasi DPRD tahun anggaran sebelumnya," jelasnya.

Selain itu, Nunik menjelaskan, LKPj juga memuat capaian kinerja pelaksanaan tugas pembantuan dan penugasan, yang berisi urusan pemerintahan tugas pembantuan dan permasalahan serta upaya penyelesaian.

Dia berharap penyampaian LKPj tersebut, sebagai upaya untuk peningkatan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat serta pembangunan daerah pasca Pandemi Covid-19.

"Atas kerjasama ini saya sampaikan terima kasih, dan mudah-mudahan kondisi tersebut dapat kita jaga dan kembangkan demi terwujudnya Lampung Berjaya," katanya.

Nunik juga berharap agar DPRD dapat memberikan rekomendasi untuk penyelenggaraan pemerintahan daerah yang lebih baik lagi. (**)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com