Pelantikan Daring Komisioner KPU Lampung Pemecah Rekor

Tanggal 06 Mei 2020 - Laporan - 702 Views
Prosesi pelantikan Komisioner KPU Lampung Titik Sutriningsih, via daring. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Untuk pertama kalinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI melakukan pelantikan terhadap komisioner di provinsi melalui teleconference atau dalam jaringan (daring).

Komisioner yang dilantik tersebut bernama Titik Sutriningsih, mantan Ketua KPU Lampung Selatan yang kini menjadi salah satu (dari tujuh) komisioner KPU Provinsi Lampung.

Pelantikan itu dipimpin langsung oleh Ketua KPU RI Arief Budiman, didampingi anggotanya Ilham Saputra, Rabu (6-5-2020).

Ketua KPU Lampung Erwan Bustami membenarkan bahwa pelantikan daring baru pertama kali terjadi di Indoensia (pemecah rekor).

“Pelantikan tadi melalui daring (teleconference) oleh Pak Arif Budiman yang didampingi komisioner Pak Ilham dari kantor KPU RI di Jakarta. Sementara Ibu Titik saat pelantikan berada di ruang rapat pleno KPU Lampung,” tutur Erwan kepada harianmomentum.com.

Erwan mengatakan, di dalam ruang pelantikan dibatasi hanya lima orang saja. Hal itu selaras dengan protokoler kesehatan yang ditetapkan tim gugus tugas penanggulangan corona virus disease atau Covid-19.

“Yang diruang pelantikan hanya rohaniawannya (tokoh agama pemandu pembacaan sumpah) dan dua saksi: saya dan sekretaris KPU Lampung ditambah seorang lagi yang bertugas sebagai operator. Sedangkan yang lainnya menunggu di luar,” tuturnya.

Walau via daring, namun prosesi semacam itu tidak mengurangi kesakralan pelantikannya. “Dalam pelantikan tetap ada pembacaan sumpah, ada juga penangdatangani fakta integritasnya,” ujarnya.

Baca juga: Titik Resmi Gantikan Esti di KPU Lampung

Erwan berharap, dengan dilantiknya Titik dapat memperkuat kinerja KPU Lampung dalam melaksanakan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

“Saat ini komposisi kita sudah penuh. Kami pun meyakini kapasitas ibu Titik mampu memperkuat KPU Lampung,” ungkapnya.

Pasca pelantikan, KPU Lampung menggelar rapat pleno perdana bersama Titik. Dalam pleno yang dihadiri tujuh komisioner KPU Lampung tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan.

“Kesepakatannya pertama menetapkan ibu Titik memegang divisi perencanaan dan logistik. Kemudian ibu Titik juga menjadi korwil (coordinator wilayah) Lampung Selatan dan Tulangbawang,” paparnya.

Hingga berita ini diturunkan, Titik belum berhasil dikonfirmasi. Saat dihubungi dan dikirimkan pesan whatsapp ke nomor teleponnya, 0811-7259-xxx, belum merespon.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


KPU Tetapkan 85 Caleg Terpilih DPRD Provinsi ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lam ...


Maju Lagi, Wahdi Ambil Formulir di Partai Nas ...

MOMENTUM, Metro--Petahana Walikota Metro, Wahdi Sirajuddin mengam ...


Demokrat Pringsewu Buka Penjaringan Cabup-Caw ...

MOMENTUM, Pringsewu -- DPC Partai Demokrat Kabupaten Pringsewu me ...


Demokrat Wajibkan Calon Kepala Daerah Gunakan ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Demokrat mewajibkan para calon ke ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com