Maria Agata Wartinem: Merajut Cita-Cita Kartini

Tanggal 09 Mei 2020 - Laporan - 778 Views
Anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan Maria Agata Wartinem

MOMENTUM, Kalianda--Sebelum menjadi anggota DPRD Kabupaten Lampung selatan, Maria Agata dikenal sebagai pengusaha di bidang peternaakan.

Usaha peternakan ayam potong yang digelutinya selama puluhan tahun itu
sempat terhenti karena wabah penyakit flu burung.

Tak mau pasarah dengan kondisi yang dihadapi, ibu tiga anak itu putar haluan bergabung dengan konsultan Yayasan Penyuluhan Kanker Indonesia (YPKI) dari 2014-2016.

Dua tahun berkecimpung di bidang sosial, Maria terus mencari peluang kembali membangkitkan usaha peternakanya. Kerja kerasnya mencari peluang usaha kembali membuahkan hasil dengan menjadi bsuplier ayam broiler.

Pergaulan selama bergabung dengan konsultan Yayasn Penyuluhan Kanker
Indonesia, membuat kepekaan sosial Maria Agata semakin tajam.

Baginya tidak ada yang lebih penting selain terus menanam kebajikan bagi orang banyak. Untuk itu, jalur politik pun ditempuhnya. Dia bergabung dengan Partai Golongan Karya.

Pemilihan umum tahun 2019, istri dari Bambang Suyitna itu maju sebagai calon anggota legislatif Kabupaten Lampung Selatan dari daerah pemilihan V: Kecamatan jatiagung.

Kedekatanya dengan berbagai kalangan selama menggeluti usaha peternakan dan konsultan YPKI, mengantarkan Maria terpilih sebagai anggota DPRD Lampung Selatan periode 2019-2024.

Duduk sebagai anggota komisi I DPRD Lampung Selatan, salah satu fokus kinerja  Maria adalah mengawasi pengelolaan dana desa.

Menurut dia, pengelolaan dana desa harus dilakukan secara efektif bukan sekedar formalitas.

"Program dana desa itu sejatinya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Jadi bukan sekedar formalitas melaksanakan prosedur pengelolaan sesuai ketentuan. Harus ada efektifitas peningkatan kesejahteraan masyarakat sebagai output pelaksanaanya," terangnya.

Karena itu, kata dia, masyarakat harus dilibatkan dengan menggali ide-ide kreatif dan inovatif dalam penyusunan dan pelaksanaan pengelolaan dana desa.

"Saya akan terus mendorong pemerintah daerah melakukan upaya peningkatan dan pengembangan kualitas sumber daya manusia, untuk dilibatka dalam segala aspek pembangunan," kata Maria.

Selain itu, masalah kesetaraan gender juga menjadi perhatian Maria. Menurut dia, kesetaraan gender di Kabupaten Lampung Selatan belum sepenuhnya berjalan dengan baik. Ketimpangan peran antara laki-laki dan perempuan masih sangat nyata.

“Lebih dari seratus tahun lalu, kesetaraan gender sudah digaungkan oleh Raden Ajeng Kartini, tapi kenyataanya hal tersebut belum sepenuhnya terwujud. Lewat kursi DPRD, saya akan berjuang sekuat tenaga mengemban amanat rakyat, sekaligus merajut menuruskan cita-cata Kartini mewujudkan kesetaraan gender, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan," tegasnya. (alp/mnz)
BIODATA
Nama: MARIA AGATA WARTINEM
Agama: Kristen
Tempat/Tgl Lahir: Srumbung 01 April 1974
Pendidikan: SMA/Sederajat
Jabatan: Anggota Komisi I DPRD Lampung Selatan
Partai Politik: GOLKAR
Nama Suami: Bambang Suyitna
Anak: 1. Felix Julian Roberto
           2. Cornelia Shinta Dewi
           3. Benedicta Amelinda

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com