Masyarakat Diajak Giat Bersedekah dan Berbagi

Tanggal 12 Mei 2020 - Laporan - 671 Views
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menyerahkan bantuan serangkat ambal/karpet kepada pengurus musala dan masjid. Foto. Sulis

MOMENTUM, Pringsewu--Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengajak masyarakat untuk selalu berbagi dan bersedekah. Apalagi pada bulan suci Ramadan yang memiliki nilai ibadah berlipat ganda.

Selain itu, pada masa darurat pandemi Covid-19 saat ini banyak masyarakat yang kesulitan ekonomi sehingga membutuhkan bantuan. "Yang penting dalam berbagi dan bersedekah itu ikhlas," ujar Wabup Fauzi. 

Dia mengatakan hal itu ketika keliling ke sejumlah musala dan masjid di Kecamatan Pagelaran guna memberikan  bantuan sosial juga bantuan berupa karpet dari Pemkab Pringsewu, Selasa (12-5-2020). 

Wabup Fauzi mengatakan dengan berzakat, selain suatu kewajiban juga merupakan bentuk ibadah seperti salat, puasa, dan lainnya yang telah diatur dalam Al Quran dan Hadis.

"Ibadah ini termasuk dalam rukun Islam yang keempat dan menjadi salah satu unsur penting dalam syariat Islam," terangnya.

Sedang hukum membayarkan zakat adalah wajib bagi setiap Muslim yang memenuhi syarat-syarat zakat. Selain ibadah, zakat juga merupakan amal sosial kemasyarakatan dan kemanusiaan. Sebab zakat diberikan kepada yang berhak menerima sesuai dengan syarat yang ditetapkan, terangnya. 

Di sisi lain, Wabup mengharapkan bantuan sosial dipergunakan sesuai dengan keperuntukannya dan membantu operasional musala dan masjid. 

"Begitu juga bantuan dalam bentuk tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam rangka menunjang kegiatan peribadatan di masing-masing masjid dan musala," harapnya.

Pada tahap ini, bantuan karpet diberikan kepada Musala Nurul Mutaqqin dan Musala Al-Barokah di Pekon Candiretno serta Masjid Nurul Huda di Pekon Sumberrejo, Kecamatan Pagelaran. (*)

Laporan: Sulistyo.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bantu Korban Puting Beliung, Polisi Gotong Ro ...

MOMENTUM, Panaragan--Bencana angin puting beliung yang  meru ...


Bupati Pesawaran Serahkan Bantuan Korban Puti ...

MOMENTUM, Negerikaton--Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyalurkan ...


Peringati HUT ke 79, PMI Waykanan Berbagi ...

MOMENTUM, Banjit--Palang Merah Indonesai (PMI) Kabupaten Waykanan ...


Peringati Maulid Nabi, Polres Tulangbawang Ba ...

MOMENTUM, Menggala--Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Polres T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com