Begini Saran Handi untuk Komisioner Baru KPU Lampung

Tanggal 13 Mei 2020 - Laporan - 640 Views
Handi Mulyaningsih. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Akademisi Universitas Lampung (Unila) Handi Mulyaningsih menyarankan agar logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 segera disiapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) di masing-masing wilayah.

Saran itu ditujukan Handi kepada Titik Sutriningsih, Komisioner KPU Lampung Koordinator Divisi Logistik yang baru saja dilantik pekan lalu.

“Saya mengapresiasi mbak Titik cepat beradaptasi di KPU Provinsi selaku divisi perencanaan dan logistik. Karena mbak Titik di divisi logistik, maka dapat segera disiapkan jenis-jenis dan jumlah formulir untuk pilkada,” kata Handi, Rabu (13-5-2020).

Formulir yang dimaksud Handi adalah formulir untuk pemungutan dan penghitungan suara di tiap TPS. Diantaranya adalah formulir Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang menurut handi jumlahnya harus dirinci.

“Ada formulir C1. Formulir ini ada yang berhologram dan salinan. Formulir ini harus dihitung berapa jumlah per TPS. C1 itu juga ada yang ukuran Plano. Perlu dihitung juga berapa lembar per TPS,” jelasnya.

Baca juga: Bermodal Basmalah, Titik Siap Perkuat Kinerja KPU Lampung

Selain itu, mantan Komisioner KPU Lampung itu juga menyarankan agar segera disiapkan design surat suara, dan kebutuhan jumlah surat suara.

“Memang saat ini calon-calon belum ada. Juga DPT (daftar pemilih tetap) belum ditetapkan. Tapi bagus bila dihitung kebutuhannya dari sekarang. Dengan prediksi calon per kabupaten/kota,” imbaunya.

Selain itu, Handi pun berpesan agar Titik selaku komisioner baru dapat mempelajari aturan-aturan dalam pengadaan logistik. “Sehingga tidak ada kesalahan regulasi di dalam pengadaan logistik Pilkada,” ujarnya.

Menurut Handi, dalam menjalankan tugas tersebut dibutuhkan kecermatan dan kontrol. “Saya optimistis mbak Titik pun sudah mempersiapkan diri untuk itu,” ujarnya.(**)

Laporan/Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Advokat, Politisi dan Tokoh Muda Ambil Formul ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Sejumlah tokoh dan politisi pada hari yang ...


Modal Tujuh Kursi DPRD, PKS Bandarlampung Buk ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Ban ...


Janji Lanjutkan Kotabaru, Yusuf Kohar Daftar ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kotabaru, Lampung Selatan, semula akan d ...


KPU Pringsewu Pleno Penetapan Perolehan Kursi ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Pri ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com