Besok, Labkesda Umumkan 23 Hasil Uji Swab

Tanggal 14 Mei 2020 - Laporan - 857 Views
Salah satu proses pemeriksaan sampel swab di Labkesda Lampung.

MOMENTUM, Bandarlampung-- Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung akan mengumumkan 23 sampel swab yang diuji menggunakan PCR baru, Jumat (15-5-2020).

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana untuk mengetahui apakah hasilnya positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) atau tidak.

"Hari ini, Labkesda melakukan uji swab pada 23 sampel. Hasilnya akan dirilis besok. Apakah ada yang positif atau negatif," kata Reihana kepada harianmomentum.com, Kamis (14-5-2020). 

Dia menjelaskan dalam melakukan uji swab itu membutuhkan beberapa tahap, yang memakan waktu enam jam untuk satu sampel swab. 

"Jumlah sekali pemeriksaan itu 12 sampel. Jadi setelah 12 selesai diuji, akan masuk lagi 12 sampel swab," jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung itu.

Dia menjelaskan sampel swab itu berasal dari Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM), Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH), Tulangbawang Barat, satu dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan dua masyarakat yang meminta surat keterangan sehat perjalanan dinas ke luar daerah.

Dia menerangkan setiap pegawai negeri atau swasta yang hendak melakukan perjalanan dinas ke luar kota harus mendapatkan surat keterangan sehat terlebih dahulu.

Syaratnya, harus membawa surat tugas resmi dari kantornya. "Baru kami layani dengan melakukan rapid test. Kalau hasilnya negatif akan kami keluarkan suratnya. Namun untuk yang positif langsung diambil swabnya dan tidak diperbolehkan ke luar Lampung. Karena harus diperiksa lebih lanjut," sebutnya. (**)

Laporan: Agung DW

Editor: Andi Panjaitan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com