Alhamdulillah, 13 Hasil Swab di Labkesda Negatif

Tanggal 15 Mei 2020 - Laporan - 1165 Views
Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana.

MOMENTUM, Bandarlampung--Hasil uji swab (cairan tenggorokan) menggunakan PCR (polymerase chain reaction) di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Lampung dinyatakan negatif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kepala Dinas Kesehatan Lampung Reihana mengatakan dari 23 sampel swab yang diuji, baru 13 yang telah mendapatkan hasil dan dinyatakan negatif.

"Alhamdulillah, 13 sudah ke luar dan dinyatakan negatif," ujar Reihana di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Jumat (15-5-2020).

Dia menyebut 13 sampel swab itu berasal dari pasien yang sudah terkonfirmasi positif di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH) dan Tulangbawang Barat.

"Itu dari pasien positif yang dilakukan sampel ulang. Dari RSBNH dan empat Tulangbawang Barat," tuturnya.

Reihana menerangkan tiga dari pasien positif di Tulangbawang Barat sudah mendapatkan hasil negatif selama dua kali.

Sehingga, secara prosedural tiga pasien tersebut sudah bisa pulang. "Tapi tergantung dokter penanggungjawabnya," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Labkesda Provinsi Lampung akan mengumumkan 23 sampel swab yang diuji menggunakan PCR baru, Jumat (15-5-2020).

"Hari ini, Labkesda melakukan uji swab pada 23 sampel. Hasilnya akan dirilis besok. Apakah ada yang positif atau negatif," kata Reihana, Kamis (14-5-2020). 

Dia menjelaskan dalam melakukan uji swab itu membutuhkan beberapa tahap, yang memakan waktu enam jam untuk satu sampel swab. 

"Jumlah sekali pemeriksaan itu 12 sampel. Jadi setelah 12 selesai diuji, akan masuk lagi 12 sampel swab," jelas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lampung itu.

Dia menjelaskan sampel swab itu berasal dari Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM), Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH), Tulangbawang Barat, satu dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) dan dua masyarakat yang meminta surat keterangan sehat perjalanan dinas ke luar daerah. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com