Pemprov Dorong Keselarasan Program Kerja

Tanggal 16 Mar 2017 - Laporan - 1200 Views
Asisten Bidang Administrasi Umum Pemprov Lampung Hamartoni Ahadis menghadiri Musrenbang Lamtim, Kamis (16/03). Foto: dok. H-momen

Harianmomentum--Gubernur Lampung M.Ridho Ficardo kembali mengingatkan pentingnya keselarasan program kerja antara pemerintah provinsi (Pemprov) dengan kabupaten/ kota.

Sehingga, kebijakan pembangunan daerah dapat berjalan optimal dan akuntabel.

Pesan itu disampaikan gubernur melalui Asisten Bidang Administrasi Umum Hamartoni Ahadis, saat membuka Musrenbang di Kabupaten Lampung Timur (Lamtim), Kamis (16/03).  

Menurutnya, selama ini pemprov sudah menjalankan sejumlah program pembangunan prioritas dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi Lampung hingga terwujud Lampung maju dan sejahtera.

Dalam Musrenbang itu, dibahas juga sejumlah agenda. Pertama, pentingnya memelihara dan memperkokoh keselarasan kebijakan antar jenjang pemerintahan.

Kedua, pembangunan Provinsi Lampung di tahun 2016 telah menunjukkan perbaikan dan hasil yang cukup membanggakan, baik skala regional pulau sumatera maupun skala nasional.

"Pertumbuhan ekonomi Lampung tercatat 5,15 persen, lebih baik dibanding pertumbuhan ekonomi nasional, sebesar 5,02 persen,” kata Hamartoni.

Begitupun soal inflasi Lampung yang tercatat sebesar 2,78 lebih rendah dari inflasi Nasional sebesar 3,02 persen.

Lebih lanjut diuraikan, untuk mendorong percepatan pembangunan pada tahun 2018, pemprov telah menetapkan tujuh prioritas pembangunan daerah.

Pembangunan infrastruktur untuk mendukung kreativitas wilayah, pendidikan dan pembinaan mental, kesehatan, pertanian dan kelautan, investasi dan pariwisata, industri, koperasi dan UMKM yang diikuti dengan stabilitas kamtibmas dan reformasi birokrasi.

Hamartoni juga memaparkan sejumlah program kegiatan yang sudah dilaksanakan pemprov di Lamtim pada tahun 2017:

Pembangunan sumber daya manusia melalui penguatan sarana prasarana SMA/SMK Negeri Pertanian Sekampung dan SMA Negeri 1 Pasir Sakti.

Kemudian penguatan infrastruktur melalui pembangunan ruas jalan provinsi koridor 2 sepanjang 7 kilometer serta pemeliharaan berkala ruas jalan Provinsi koridor 1 dan 2 sepanjang 6 kilometer. 

"Kegiatan lain yaitu penanggulangan kemiskinan melalui program Gerbang Desa Saburai,” jelasnya.

Sementara Bupati Lamtim Chusnunia Chalim mengucapkan terimakasih kepada gubernur atas dukungannya terhadap pembangunan di wilayahnya, baik infrastruktur maupun sektor perekonomian.

"Berkat dukungan Pemprov Lampung, pada tahun 2016 perbaikan jalan terpanjang dengan berbagai jenis ruas jalan baik jalan daerah, jalan provinsi maupun jalan nasional sudah terlaksana," ujar Bupati.

Kepala daerah wanita pertama di Lampung itu berharap mendapatkan porsi maksimal darfi pemprov pada 2018 di bidang infrastruktur dengan pembangunan yang bersifat padat karya.

"Melalui Musrenbang diharapkan mampu memacu pembangunan dan perekonomian daerah dengan isu strategis berupa peningkatan daya saing kepariwisataan,” katanya.

Peningkatan iklim investasi daerah, peningkatan kondisi ketentraman dan ketertiban masyarakat, peningkatan indeks pembangunan manusia dan optimalisasi kualitas layanan publik.

 “Itu semua menjadi visi pembangunan Lamtim ke depannya,” kata Bupati dalam Muisrenbang yang mengusung tema Memacu Pembangunan infrastruktur dan Perekonomian Daerah Berbasis Agribisnis Menuju Masyarakat Lamtim Aman, Mandiri, Sejahtera dan Berakhlak Mulia itu. (red)

Editor: Momentum


Comment

Berita Terkait


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com