Pramuka Pringsewu Laksanakan 'Siger' Hadapi Covid-19

Tanggal 22 Mei 2020 - Laporan - 862 Views
Anggota Pramuka Pringsewu membagikan Jambu Kristal Tanjungrusia kepada petugas jaga di Posko Pengamanan Covid-19.

MOMENTUM, Pringsewu--Anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Pringsewu menerapkan Siger atau saatnya ikut bergerak untuk rakyat guna menghadapi pandemi Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

"Siger ini merupakan gerakan sosial yang dilakukan untuk turut serta meringankan beban masyarakat selama pandemi Corona," ujar Andoyo, Wakil Ketua VII Bidang Pengabdian Masyarakat dan Penanggulangan Bencana Gerakan Pramuka Pringsewu, Jumat (22-5-2020).

Selain pembagian sembako, Siger juga menyalurkan nasi kotak dan jambu Kristal Tanjungrusia kepada personel polisi dan TNJ serta tenaga medis yang bertugas di Posko Pengamanan pada beberapa titik di Kabupaten Pringsewu.

Sistem pembagian itu, Tim Pramuka Peduli dan Dewan Kerja Cabang Pringsewu menyusuri Posko dimulai dari Terminal Gadingrejo, Tugu Gajah, Pos Polisi Pasar Pringsewu, Polsek dan Koramil Pringsewu dilanjutkan ke Posko Pengamanan di Pasar Pagelaran. 

"Gerakan ini merupakan bentuk simpati Pramuka Pringsewu kepada anggota Polri dan TNI serta petugas kesehatan yang tidak mengenal lelah dalam melaksanakan pengawasn dan pengamanan pencegahan covid 19," ujar  Andoyo.

Ketua Gerakan Pramuka Kwarcab Pringsewu Fauzi mengapresiasi kegiatan SIGER (Saatnya Ikut Bergerak Untuk Rakyat) yang dilakukan Anggota Pramuka Kwarcab Pringsewu. 

Sebelumnya, Pramuka Pringsewu sudah melakukan Gerakan Bumbung Kemanusiaan tahap pertama yang berhasil dihimpun berupa paket sembako yang dibagikan kepada masyarakat terdampak covid 19.

Wakil Bupati Pringsewu itu juga berpesan kepada anggota Dewan Kerja Cabang Pringsewu, agar terus belajar terjun langsung mengabdikan diri di tengah-tengah bencana yang sedang terjadi seperti wabah Covid-19 ini. 

Hal itu tentunya merupakan pembelajaran yang sangat berharga yang tidak ada dibangku sekolah. "Ini sesuai dengan sistem pendidikan Kepramukaan dengan dilandasi ketentuan moral dan janji Pramuka, yakni  Dasa Darma dan Tri Satya," imbuh Fauzi. (**)

Laporan: Joko Sulistyo
Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Bantu Korban Puting Beliung, Polisi Gotong Ro ...

MOMENTUM, Panaragan--Bencana angin puting beliung yang  meru ...


Bupati Pesawaran Serahkan Bantuan Korban Puti ...

MOMENTUM, Negerikaton--Pemerintah Kabupaten Pesawaran menyalurkan ...


Peringati HUT ke 79, PMI Waykanan Berbagi ...

MOMENTUM, Banjit--Palang Merah Indonesai (PMI) Kabupaten Waykanan ...


Peringati Maulid Nabi, Polres Tulangbawang Ba ...

MOMENTUM, Menggala--Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Polres T ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com