Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Belum Ada Kepastian

Tanggal 01 Jun 2020 - Laporan - 594 Views
Ilustrasi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung masih menunggu kepastian penyelenggaraan haji tahun 2020 dari Pemerintah Arab Saudi.

Kepala Bidang (Kabid) Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kemenag Lampung Ansori mengatakan hingga saat ini masih belum ada kepastian terkait hal tersebut,

"Sampai hari ini belum ada (kepastian), nggak tahu kalo besok. LKami masih menunggu kepastian dari Pemerintah Arab Saudi," kata Ansori, Senin (1-6-2020).

Menurut dia, keberangkatan haji secara nasional seharusnya dilaksanakan pada 26 Juni mendatang. Untuk Lampung seharusnya 25 Juni jemaah calon haji sudah masuk asrama.

"Jadwalnya seharusnya 25 Juni masuk asrama. Keberangkatan biasanya seminggu setelah nasional berangkat karena kan kita bergabung dengan Jakarta dan Banten," tuturnya.

Dia menerangkan belum adanya kepastian itu membuat sejumlah persiapan lainnya belum disiapkan. "Sementara persiapan yang lain juga belum. Seperti kathering dan persiapan lainnya," ujarnya.

Diharapkan terkait penyelenggaraan haji tahun ini segera mendapat kepastian. Sehingga, keberangkatan haji dan persiapan lainnya segera disiapkan.

Ansori menyebut untuk kuota jemaah calon haji di Lampung tahun ini ada 7.040. Dari jumlah itu yang sudah melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) mencapai 6.639.

"Termasuk 54 TPHD (tim pemandu haji daerah). Jadi yang belum melunasi tersisa 357 orang. Kalau seandainya jadi maka yang tidak melakukan pelunasan tidak berangkat," terangnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com