Yoyok Sulistiyo: Bangkit Menyuarakan Aspirasi Rakyat

Tanggal 07 Jun 2020 - Laporan - 1114 Views
Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus Yoyok Sulistiyo

MOMENTUM, Kotaagung--Yoyok Sulistiyo tak pernah bermimpi dan punya cita-cita untuk menjadi politisi. Apa lagi sampai jadi angggot DPRD hingga menapak periode ketiga 2019-2024.

Awal kiprayanya di panggung politik dimulai pada pemilihan umum tahun 2009. Saat itu Yoyok bergabung dengan Partai Dekmorasi Indonesia Perjuangan.

"Saya menempuh jalur politik karena merasa terpanggil untuk lebih mengoptimlakan potensi pembangunan yang belum tergarap secara maksimal dan efektif untuk kepentingan masyarakat. Alhamdulillah, saya
dapat kepercayaan masyarakat untuk duduk sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus di periode pertama tahun 2009-2014," tuturnya

Kiprahnya di lembaga legislatif Kabupaten Tanggamus berlanjut di periode kedua, meski pun tidak sampai tuntas. Perbedaan pandangan politik, membuat Yoyok terpaksa keluar dari keanggotaan DPRD Tanggamus
dan pindah partai.

Pemilihan umum 2019, suami dari Anggarwati Utami itu kembali maju sebagai calon anggota legislatif Kabupaten Tanggamus. Kali ini dengan mengusung bendera Partai Kebangkitan Bangsa.

"Saya memang sempat jatuh karena perbedaan pandangan politik. Alhamdulillah, saya bisa kembali bangkit dan masih diberikan kepercayaan untuk menyuarakan aspirasi rakyat meski dengan partai yang berbeda. Itu semua semata karena niat dan komitmen memperjuangkan kepentingan rakyat," ungkapnya.

Meski sejak kecil hingga beranjak dewasa, dia tinggal dan menempuh pendidikan di Jawa Tengah. Namun kecintaan Yoyok Sulistyo terhadap tanah kelahirannya Provinsi Lampung tidak pernah memudar. Itu dibuktikan saat beranjak dewasa,Yoyok kembali ke tanah kelahirannya Lampung dan melanjutkan jenjeng pendidikan tinggi di Universitas Lampung (Unila).

Di mata ayah tiga anak ini, Lampung merupakan daerah yang kaya dengan
beragam potensi sumber daya alam dan manusia.

“Lampung itu kaya, punya beragam potensi. Adat budaya masyarakatnya pun sangat unik dan beragam. Hampir seluruh kebudayaan di nusantara ada di Lampung. Dengan kata lain, Lampung itu Indonesia mini. Itu yang membuat saya sangat cinta dan bangga dengan Lampung, khususnya Kabupaten Tanggamus," ungkapnya.

Menurut Yoyok, kekayaan adat budaya dan keberagamaan potensi sumber daya alam yang dimiliki bumi Lampung, khususnya Kabupaten Tanggamus seharusnya dapat dimanfaatkan dan dikeloal secara maksimal untuk kesejahteraan masyarakatnya. Namun, kenyataannya, hal tersebut belum maksimal dilakukan.

“Saat itu saya berfikir, pasti ada yang keliru  dengan pola pelaksanaan pembangunan yang diterapkan para pemangku kebijakan. Itu yang memotivasi saya untuk ikut membenahi konsep pelaksanaan pembangunan melalui lembaga DPRD,“ terangnya.

Mempercepat peningkatan kesejahteraan masyarakat, melalui pemerataan program pembangunan menjadi misi utama yang diemban Yoyok dalam melaksanakan tugas, sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus di periode ketiga.(mnz/jal)
Biodata
Nama: Yoyok Sulistiyo
Agama: Islam
Kelahiran: Tanjungkarang, 3 Juli 1969
Pendidikan: SMA Sederajat.
Jabatan: Anggota DPRD Tanggamus
Partai politik: PKB
Nama istri: Ir. Anggarwati Utami
Anak : 1. dr. Azizah Mursyidah, SK.G
            2. Miftahurrizki Salamanabila

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com