Baharen: Memaksimalkan Pemerataan Pembangunan

Tanggal 12 Jun 2020 - Laporan - 771 Views
Anggota DPRD Tanggamus Baharen

MOMENTUM, Kotaagung--Ramah, pengayom, pekerja keras dan punya kepedulian sosial yang tinggi. Begitu masyarakat Pekon (desa) Banding, Kecamatan Bandarnegeri Semuong, Kabupaten Tanggamus mengenal sosok Baharen.

Penggambaran masyarakat terhadap sosok pria kelahiran  10 Juli 1971 itu, bukan hanya sekedar sanjungan kosong. Dua periode dipercaya sebagai Kepala Pekon Banding, kiranya cukup membuktikan besarnya kepercayaan  masyarakat terhadap pria yang selalu berpenampilan sederhana tersebut.

Tidak sebatas itu, meski tidak lagi menjabat sebagai kepala pekon, kepercayaan masyarakat kepada Baharen sebagai sosok pengayom tetap terjaga. Bahkan,  semakin meluas hingga ke pekon-pekon lain di Kecamatan Bandarnegeri Semoung dan sekitarnya.

Bentuk kepercayaan masyarakat itu diberikan dengan memilih Baharen sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus periode 2014-2019. Kepercayaan itu berlanjut di periode lima tahun kedua. Masyarakat kembali menitipkan amanah kepada Baharen melalui kursi DPRD Tanggmus periode 2019-2024. 

Lahir, dibesarkan dan mengabdi sebagai kepala pekon selama dua periode di wilayah Kecamatan Bandarnegeri Semoung, membuat Baharen tahu betul kondisi infrastruktur dan tingkat kesejahteraan masyarakat di tanah kelahirannya. 

Sebagai salah satu dearah yang secara geografis masuk dalam kategori terpencil,  kondisi infrastruktur dan tingkat kesejahteraan masyarakat di Kecamatan Bandarnegeri Semoung, sangat tertinggal dibandikan wilayah lain yang dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Tanggamus.

Kondisi tersebut yang membuat suami dari Enok Mahrupah itu terpanggil memberikan sumbangsih, tenaga dan pemikiran untuk mensejajarkan tanah kelahiranya dengan wilayah lain yang lebih dulu maju.

“Saya melihat  program pembangunan yang selama ini  dilaksanakan  di Kabupaten Tanggamus belum sepenuhnya bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat, terutama di wilayah-wilayah terpencil, seperti Kecamatan Bandarnegeri Semoung. Itu yang menguatkan tekad saya maju mencalonkan diri sebagai anggota DPRD," kata Baharen.

Menurut dia, pemerataan pembangunan hanya bisa dilakukan, jika penetapan kebijakan yang dilakukan pemerintah benar-benar mengedepankan kepentingan masyarakat. Karena itu, Baharen memutuskan terjun ke dunia politik. Tujuanya,  agar bisa ikut andil menggodok dan menetapkan kebijakan pemerintah yang berpihak pada kepentingan masyarakat.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dipilihnya sebagai genderang politik menyuarakan dan memperjungkan aspirasi masyarakat lewat kursi DPRD.

“Kursi DPRD ini adalah sarana saya memperjuangkan aspirasi masyarakat, agar pemerintah bisa lebih maksimal melakukan pemertaaan pembangunan hingga ke wilayah-wilayah terpencil," kata ayah dua anak ini. (mnz/jal )

Biodata 

Nama         :Baharen

Jabatan         : Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus 

Partai  Politik : PPP

Pendidikan : SLTA

Kelahiran : Bandarnegeri Semoungm, 10 Juli 1971

Agama         : Islam

Istri         : Enok Mahrupah

Anak         : Hikmah Awaliyah

                : M Thoriq Muzammil

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com