Zulki Qurniawan: Millenial Penggerak Pemerataan Pembangunan

Tanggal 12 Jun 2020 - Laporan - 992 Views
Anggota DPRD Tanggamus Zulki Qurniawan

MOMENTUM, Kotaagung--Usianya memang masih sangat muda, baru 34 tahun. Walau begitu kiprahnya di panggung politik tidak bisa dipandang sebelah mata. 

Zulki Qurniawan adalah satu dari sedikit tokoj muda atau kaum millenial di Kabupaten Tanggamus yang mendapatkan kepercayaan masyarakat duduk sebagai wakil rakyat di legislatif. Bahkan, saat ini kiprahnya di lembaga DPRD Kabupaten Tanggamus sudah memasuki periode kedua 2019-2020. 

Sejak remaja, pria kelahirahn 27 Juli 1986 itu memang sudah memiliki perhatian dan kepedulian tinggi terhadap pelaksanaan perogram pembangunan di kampung halamannya, Kabupaten Tanggamus.  

Menurut dia, tak dapat dipungkiri  sejak dimekarkan dari Kabupaten Lampung Selatan pada tahun 1997, banyak kemajuan yang telah dicapai Kabupaten Tanggamus pada berbagai bidang. Namun, sebagian besar kemajuan hasil pembangunan itu, hanya dirasakan masyarakat di wilayah yang dekat dengan pusat pemerintahan.

Sedangkan, pada wilayah-wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan, masih sangat tetinggal. Bahkan nyaris tidak tersentuh program pembangunan. Kondisi tersebut  yang mengudang keprihatinan dan kepedulian Zulki  Qurniawan.

Menurut dia, kondisi tersebut terjadi akibat kekeliruan perumusan dan  pelaksanaan kebijakan program pembangunan. Karena itu, harus ada upaya membenahi hal tersebut. Cara paling efektif untuk bisa ikut membenahi arah pelaksanaan kebijakan pembangunan, agar sepenuhnya mengedepankan kepentingan masyarakat  adalah melalui jalur politik.       

Dukungan keluarga dan masyarakat di kampung halamannya membulatkan tekad ayah  dua anak itu untuk terjun ke dunia politik, bergabung dengan Partai  Kebangkitan Bangsa (PKB). Dukungan dan kepercayaan masyarakat menghantarkan Zulki untuk mengemban amanah sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus untuk periode pertama  2014-2019. Kepercayaan masyarakat itu kembali diberikan kepada Zulki di periode keuda 2019-2024. 

“Masyarakat sudah memberikan kepercayaan pada saya untuk menyuarakan aspirasi mereka melalui kursi DPRD. Tugas dan kewajiban saya mengemban kepercayaan itu  dengan baik. Sehingga terjadi pemerataan pembangunan di segala bidang," kata suami dari Elvita Sari itu.

Dia menerangkan, sejatinya hasil pelaksanaan program pembangunan itu harus  bisa membawa kemajuan bagi seluruh lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. Karena itu,  pemerataan pembangunan di segala bidang merupakan sebuah keharusan.

Hal tersebut hanya bisa terwujud, jika penggodokan kebijakan pembangunan sepenuhnya dilakukan berdasarkan aspirasi masyarakat. Aspirasi masyarakat bisa terserap maksimal dalam perumusan kebijakan pembangunan, jika seluruh anggota DPRD memiliki komitmen dan visi yang sama dalam mengemban tugas dan kewajiban.

“Salah satu misi utama saya adalah manyatukan visi seluruh anggota DPRD, agar sepenuhnya menjalankan tugas dan fungsi untuk kepentingan rakyat,” tegasnya.

Dia menerangkan, perbedaan partai dan teknis dalam menjalankan tugas merupakan hal yang tak dapat dihindari. Namun, seluruh anggota DPRD harus tetap memiliki visi yang sama, berjuang untuk kepentingan rakyat dengan memaksimalkan potensi yang ada  untuk mewujudkan pemerataan pembangunan di Kabupaten Tanggamus.  (mnz/jal)

Biodata 

Nama        : Zulki Qurniawan

Jabatan        : Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus

Partai        : Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Agama        : Islam 

Pendidikan     : SLTA

Kelahiran      : Sumberjo, Kabupaten Tanggamus,  27 Juli 1986

Istri               : Elvita Sari

Anak       : Adila Syafarani Qurniawan

                    : M Fakhri Qurniawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com