Amrusi Sanusi: Berjuang untuk Petani

Tanggal 13 Jun 2020 - Laporan - 1077 Views
Anggota DPRD Tanggamus Amrusi Sanusi

MOMENTUM, Kotaagung--Amrusi Sanusi lahir dan dibesarkan di Pekon (desa) Banjarmanis, Kecamatan Gisting, Kabupaten Tanggamus. Lazimnya masyarakat desa, sebagian besar penduduk pekon tersebut bermata pencaharian sebagai petani.

Lingkungan tempat tinggal telah membentuk mental lelaki kelahiran tahun 1964 itu sebagai pribadi yang sangat peduli dengan kesulitan yaang dihadapi masyarakat, khususnya para petani.

Sikap peduli itu pula, yang kemudian menumbuhkan kepercayaan masyarakat kepada Amrusi untuk menjadi kepala pekon.

Lahan Pekon Banjarmanis yang subur, belum mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat yang memcari penghidupan hidup dari hasil pertanian. 

Di mata Amrusi, kondisi tersebut salah satunya dipicu kebijakan pemerintah yang kurang efektif, untuk mendongkrak kesejahteraan petani. Karena itu, dia merasa perlu ikut andil mempengaruhi kebijakan pemerintah, agar lebih efektif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khsusunya petani.

Atas dasar pemikiran tersebut, pada pemilu tahun 2014 suami dari Rumainah itu maju sebagai calon anggota DPRD Kabupaten Tanggamus dengan bendara Partai Demokrasi Indonesia Perjuang. Namun, dia gagal terpilh.

Kegagalan itu, tak pernah sedikit pun mengikis kepedulian Amrusi terhadap nasib petani. Harapanya untuk ikut andil mempengaruhi kebijakan pemerintah, akhir menjadi kenyataan. Tahun  2018, Amrusi dilantik sebagai anggota DPRD Tanggamus. Dia dilantik, melalui mekanisme pergantian antar waktu. 

Pemilu tahun 2019, Amrusi kembali mencalonkan diri sebagai anggota DPRD. Dia pun kembali terpilih sebagai anggota DPRD Tanggamus periode 2019-2024.

"Meski hanya satu tahun menjabat anggota DPRD pada periode pertama, saya banyak belajar tentang berbagai hal menyangkut proses perencanaan dan pelaksanaan program pembangunan. Itu cukup bagi, saya untuk lebih optimal dalam mengemban tugas dan fungsi sebagai anggota DPRD di periode kedua ini," ungkapnya.

Bidang pertanian masih menjadi fokus kinerja Amrusi dalam mengemban amanah sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus di periode kedua.

Dia akan terus mendorong pemerintah, agar lebih memprioritaskan program pembangunan bidang pertanian, tidak hanya sebatas peningkatan produksi.

"Pemerintah harus membuka lebih luas membuka akses pasar komoditi pertanian dan memastikan stabilitas harga. Dengan begitu, akan berdampak pada peningkatan kesejahateraan," terangnya.

Untuk mencapai itu, tentunya harus didukung dengan penyediaan sarana infrastruktur yang memandai. Salah satunya akses jalan.

"Kualitas jalan penghubung antar pekon harus ditingkatkan, untuk mempermudah pemasaran produk komoditi pertanian yang dihasilkan pentani. Itu yang akan terus saya perjuangkan lewat lembaga DPRD ini," tegasnya.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia juga menjadi perhatian Amrusi. Karena itu, dia juga akan mendorong pemerintah lebih mengoptimalkan pemerataan sarana pelayanan pendidikan dan kesehatan bagi masyarakat.

"Peningkatan kualitas sumber daya manusia, khsusnya anak-anak petani
harus lebih dioptimlakan. Artinya penyiapan sarana pelayanan pendidikan, harus lebih banyak dilakukan di wilayah pedesaan," terangnya. (jal/mnz)

Biodata
Nama: Amrusi Sanusi
Kelahiran:  Banjarmanis, 24 Januari 1964
Agama : Islam
Pendidikan : SMA
Jabatan: Anggota DPRD Tanggamus
Partai Poltik : PDI-P
Nama Istri : Rumainah
Nama Anak : 1. Evan Kurniawan
                         2. Dika Hariswan
                         3. Odi Darmawan
                         4. Arif Setiawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com