Marini Sari Utami: Memaksimalkan Kesetaraan Gender

Tanggal 14 Jun 2020 - Laporan - 1265 Views
Anggota DPRD Tanggamus Marini Sari Utami

MOMENTUM, Kotaagung--Marini Sari Utami bisa dibilang awam dengan politik. Wanita kelahiran 17 Mei 1993 itu baru mengenal dan bersentuhan langsung dengan politik praktis, saat mencalonkan diri sebagai anggota legislatif Kabupaten Tanggamus pada pemilihan umum 2019.

Masalah kesetaraan hak kaum perempuan dan laki-laki menjadi salah satu yang mendorong Marini memutuskan maju sebagai calon anggota legislatif.

Di mata Marini, hak-hak dan perlidungan kaum perempuan, khususnya di Kabupaten Tanggamus belum sepenuhnya bisa mencakup segala aspek lembangunan. Salah satunya di bidang pemberdayaan perempuan yang belum terlalu optimal dilakukan pemerintah.

"Kaum perempuan itu punya potensi besar untuk mendukung pencapain keberhasilan pembangunan. Karena itu, program pemberdayaan perempuan harus terus ditingkatkan. Itu yang saya nilai belum optimal dilakukan pemerintah, khsusunya di Kabupaten Tanggamus," kata Marini.

Dukungan keluarga, membulatkan tekad Marini merambah politik praktis melalui Partai Keadilan Sejahtera. Dia maju sebagai calong anggota DPRD Kabupaten Tanggamus dari Daerah Pemilihan II, meliputi: Kecamatan
Kotaagung, Kotaagung Barat, Kotaagung Timur dan Kecamatan Wonosobo.

Istri dari Septian Dwi Cahyo itu tak pernah menyangka bisa terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus periode 2019-2024.

"Jujur saya tak pernah menyangka bisa terpilih. Alhamdulilla, ternyata masyarakat memberi kepercayaan. Ini amanah yang berat. Namun, saya berkomitmen untuk terus berupaya maksimal melakasanakan amanah yang diberihak rakyat," tegasnya.

Menurut dia, yang perlu terus dilakukan pemerintah saat ini adalah memperkuat dan meningkatkan kesetaraan gender.

"Perempuan itu tiang negara. Jadi kesetaraan gender harus menjadi bagian utama dari strategi pembangunan dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Semakin kuat kesetaraan gender, tentu akan semakin mengefektifkan pelaksanaan program pembangunan," terangnya.

Untuk mendorong upaya peningkatakan peran kaum perempuan itu, antara lain: melalui bidang pendidikan, kesehatan dan pelatihan keterampilan.

"Program pemberdayaan perempuan tidak bisa dicapai hanya dengan mengandalkan partisipasi individu. Perlu keseriusan semua pihak, terutama pemerintah. Itu yang akan terus saya dorong melalui kursi lrgislatif," tegasnya. (jal/mnz)

Biodata
Nama: Marini Sari Utami, A.md
Tempat Tanggal Lahir: Sanggi 17 Mei 1993
Agama: Islam
Pendidikan: Diploma Tiga (D3)
Jabatan: Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus
Partai: PKS
Suami: Septian Dwi Cahyo, S.Km.,MM
Nama Anak: M Tsaqif Malik Riz Ansema

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com