Catat Nol Positif Covid-19, Lamsel Siap Terapkan New Normal

Tanggal 15 Jun 2020 - Laporan - 507 Views
Pemaparan pekembangan pencegahan dan penanganan pandemi covid-19 di Kabupaten Lampung Selatan

MOMENTUM, Kalianda--Upaya pencegahan dan penanganan kasus positif covid-19 yang dilakukan Tim Gugus Tugas Kabupaten Lampung Selatan membuahkan hasil menggembirakan.

Berdasarkan data Seksi Surveilans Imunisasi Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamsel pada periode pemantauan 1 sampai 14 Juni 2020 tidak ditemukan lagi kasus positif covid-19. Sebelumnya dari total 16 orang terkonfirmasi positif covid-19 di Lamsel, 15 orang dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia. Kemudian, pasien dalam pengawasan (PDP) dua orang , orang dalam pemantauan (ODP) tersisa enam.

"Saat ini sudah tidak ada lagi kasus positif covid-19 di Lampung Selatan. Jika kondisi ini bisa bertahan sampai pekan depan, kita tinggal menunggu keputusan pemerintah pusat untuk menerapkan new normal," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lamsel Jimmy Baggas Hutapea, saat audiensi dengan Bupati Nanang Ermanto, Senin (15-6-2020).

Dia melanjutkan, salah satu syarat penerapan new normal adalah melakukan rapid tes masal.    

"Nanti kita lakukan (rapid tes masal) di pasar-pasar tradisional. Itu salah satu syarat penerapan new normal. Dinkes bersama puskesmas dan jajaran kesehatan, siap melakukan edukasi kepada masyarakat terkait persiapan menuju new normal,” terangnya.

Meski demikia, lanjut dia, dinkes akan tetap fokus melakukan upaya pencegahan penularan  covid-19 dan penyakit lain, seperti demam berdarah dengue. Mengingat kodisi cuaca saat ini y terbilang ekstrim. 

“Kita juga harus mewaspadai peningkatan kasus-kasus lain seperti DBD. Ada juga bencana alam karena cuaca ekstrim. Intinya kami siap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” terangnya.

Bupati Lamsel Nanang Ermanto menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran dinkes dan tim gugus tugas yang telah berusaha keras melakukan pencegahan dan penanganan pandemi covid-19.

Dia berharap, tidak ada lagi kusus positif covid-19 di Kabupaten Lamsel. Sehingga bisa menerapkan kebijakan new normal.

Karena itu, dia mengingat seluruh elemen untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. "Jajaran dinkes dan gugus tugas juga harus terus mengedukasi dan mengimbau masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak ada lagi penularan covid-19 di Lampung Selatan," imbaunya. (**)

Laporan: Alpandi

Editor: munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com