Buyung Zainuddin: Menyerap Aspirasi dengan Prinsip Mengayomi

Tanggal 19 Jun 2020 - Laporan - 1083 Views
Anggota DPRD Tanggamus Buyung Zainuddin

MOMENTUM, Kotaagung--Sederhana, dermawan, suka jahil dan selalu ceria. Gambaran itu melekat pada keperibadian Buyung Zainuddin. Meski suka jahil, namun hampir semua yang mengenalnya tidak pernah tersinggung akan prilaku usil Buyung tersebut.

Kejahilan lelaki kelahiran 5 Oktober 1968 itu kepada teman bergaulnya tidak lebih hanya sebatas candaan yang justru bisa menghibur siapa pun yang  menjadi korban keisengannya. 

Dibalik sikap  jahil dan penampilan yang selalu ceria itu,  ternyata Buyung Zainudin menyimpan cerita perjalanan hidup yang tidak secerah penampilannya saat ini.  Sejak kecil, Buyung  sudah ditinggal oleh sang ayah. Peran  sebagai seorang ayah dalam keluarga pun dipikulnya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Pengalaman hidup menjalankan  peran seorang ayah sejak usia belia, ternyata cukup mewarani gaya  Buyung dalam melaksanakan tugas sebagai anggota DPRD  Kabupaten  Tanggamus.

Perjalanan kariernya sebagai anggota DPRD dimulai pada tahun 2014 bersama Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Lima tahun mengemban tugas sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus,  ayah tiga anak itu kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada pemilihan umum 2019 . 

Komitmenya dalam mengemban tugas dan amanah rakyat, kembali mengatarkan Buyung terpilih sebagai anggota DPRD Tanggamus periode 2019-2024.

 Sebagai anggota DPRD, Buyung mengendepankan prinsip sebagai pengayom masyarakat. “Masyarakat itu kan perlu diayomi. Sehingga mereka merasa harapan dan aspirasi yang disampaikan benar-benar diperjuangkan secara bertanggungjawab. Itu yang saya terapkan, menjaga dan melaksanakan tugas yang  dipercayakan  masyarakat,  seperti tanggung jawab, seorang ayah pada keluarganya, “ kata  Buyung.

Buyung mengaku tidak punya cita-cita  muluk dalam menjalani tugas sebagai anggota DPRD. Dia hanya ingin bisa memberikan sumbangsih pemikiraan dan tenaga  untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanggamus.

“Saya tidak menjanjikan yang  muluk-muluk kepada masyarakat. Terpenting bagaimana saya bisa menyumbangkan tenaga dan pemikiran untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat di kabupaten ini,“  ungkapnya.

Suami dari Maryam Khusnul Khotimah itu menerangkan, modal utama untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat adalah  membentuk sumber daya manusia (SDM) yang handal. Karena itu, upaya  pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan harus terus dilakukan.

Pemerataan dan peningkatan kualitas pendidikan, lanjut dia,  harus mengedepankan pola progam  pendidikan kewirausahaan yang berbasis keterampilan.  Dengan pola tersebut, masyarakat tidak lagi berharap mendapat pekerjaan  setelah lulus sekolah,  karena mereka  memiliki kemampuan mencipatkan lapangan kerja.

“Jika semakin banyak masyarakat yang mampu menciptakan lapangan kerja, otomatis akan memicu peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.   Itu yang menjadi misi saya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, “ terangnya.

Selain itu,  peningkatan  dan pemerataan infrastruktur pelayanan publik juga menjadi salah satunya misi Buyung Zainuddin dalam melaksanakan tugasnya  di DPRD Tanggamus.

Menurit dia,  SDM yang handal  belum cukup untuk meningkatkan  perekonomian masyarakat. Karena itu,  harus diiringi dengan upaya peningkatan dan pemerataan infrastruktur pendukung, seperti jalan, sekolah  dan sarana pelayanan kesehatan yang memadai.

“Saya  juga akan terus mendorong pemerintah melakukan  upaya lebih maksimal meningkatkan dan memeratakan  pembangunan bidang infrastruktur, tertutama jalan hingga ke pelosok daerah. Tujuannya satu,  membuka akses transportasi dan perekonominan masyarakat,“  terangnya. (**)

Biodata 

Nama:  Buyung Zainuddin, S.E

Tempat Tanggal Lahir:  Pekon Balak 5 oktober 1968

Agama: Islam

Pendidikan:  Sarjana Ekonomi (S1)

Jabatan: Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus  Anggota Komisi 1

Partai Politik:  PDI Perjuangan

Nama istri: Mariyam Khusnul Khotimah

Nama Anak: 1. M Reza Darmawan, S.IP

                     2. M Ilman Alfarizi

                     3. Salsaghina Nazma Fauzia

                    4. Elsa Aisyah Zain

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com