Mentan Sebut Lampung Potensial Jadi Percontohan Nasional

Tanggal 19 Jun 2020 - Laporan - 843 Views
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo berbincang dengan Walikota Metro Achmad Pairin

MOMENTUM, Metro-- Provinsi Lampung diniali sangat potensial menjadi daerah percontohan pengembangan program pertanian nasional. Hal tersebut disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo saat meninjau lokasi penggemukan ternak sapi di Kota Metro, Jumat (19-6-2020).

"Lampung punya potensi sumber daya alam yang sangat besar untuk pengembangan program pertanian. Selain itu, sumber daya manusianya juga sangat hetrogen dengan mayoritas sebagai petani," kata Mentan didamping Gubernur Arinal Djunaidi dan Walikota Metro Achmad Pairin. 

Karena itu, pemerintah daerah harus mampu memperkuat dan lebih mengefektifkan pola pengelolaan manajeman bidang pertanian.

"Jadi tinggal bagaimana manajemenya. Itu yang harus diperkuat. Nah, ini tugas pemerintah daerah dan juga DPRD," terangnya.

Selain pertanian, kata Mentan, Provinsi Lampung juga bagus untuk pengembangan peternakan sapi. Terlebih, secara geografis letak Provinsi Lampung sangat dekat dengan Ibukota negara, DKI Jakarta. Sehingga produksi daging hasil ternak bisa terserap secara maksimal.

"Secara umum permasalahan utam dalam penggemukan ternak sapi, adalah soal pakan. Namun, Lampunng sudah bisa mengatasi masalah ini dengan bahan bauk pakan lokal, seperti batang singkong. Ini sudah dibuktikan oleh PT SUJ (Superindo Utama Jaya)," terangnya.

Karena itu, kementerian pertanian bersama pihak perbankan, siap membantu pengembangan peternakan di Provinsi Lampung.  

"Kita akan dukung penuh upaya Pemprov Lampung untuk pengembangan peternakan. Kami (kementan) bersama perbankan siap bantu, bisa melalui KUR mau pun lainya," tegasnya.

Menurut mentan, selain  meninjau program pertanian dan peternakan, kunjungan ke Lampung juga untuk memastikan ketersediaan pangan untuk masyarakat di masa pandemi covid-19.

"Makanan harus terjamin. Itu tantangan kita di masa pandemi saat ini. Karena itu, saya turun ke sini untuk memastikan tidak ada masalah dengan stok kebutuhan pangan masyarakat di Lampung," jelasnya.

Pada kesempatan itu, Gubernur Arinal Djunaidi mengapresiasi upaya pemerintah pusat membantu pengembangan sektor pertanian dan peternakan di Lampung.

“Semoga, kedepan populasi ternak sapi di Lampung bisa bertambah lebih kurang seribu ekor. Pemprov juga sudah bekerjasama dengan perguruan tinggi dalam bidang pengelolan pakan ternak lokal," kata gubernur.

Hal senada disampaikan Walikota Metro Ahmad Pairin. Menurut dia, pernyataan Mentan merupakan bentuk motivasi bagi pemerintah daerah, khususnya Kota Metro  dalam melakukan upaya pengembangan sektor pertanian dan peternakan.

"Dengan dukungan Menteri Pertanian, semoga hasil dari para petani dan peternak di Kota Metro semakin meningkat serta hasilnya baik. Sehingga secara otomatis ekonomi petani dan peternak menjadi semkain baik," harapnya. (**)

Laporan: Adipati Opie

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rejosari Alokasikan DD Rp122 Juta untuk Rehab ...

MOMENTUM, Pringewu--Pekon Rejosari Kecamatan Pringsewu, Kabupaten ...


Febrizal Levi Ditunjuk Jadi Pj Bupati Mesuji, ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Penjabat (Pj) Bupati Mesuji dan Tulangba ...


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com