Gubernur Minta Bupati/Walikota Sukseskan Pilkada

Tanggal 24 Jun 2020 - Laporan - 519 Views
Gubernur Arinal Djunaidi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Gubernur Arinal Djunaidi meminta seluruh bupati/walikota untuk menyukseskan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di 8 kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan Arinal usai Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Pelaksanaan Pilkada di Ruang Rapat Utama Kantor Gubernur Lampung, Rabu (24-6-2020).

Arinal menyebutkan pemerintah pusat sudah menetapkan waktu pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang. 

"Tetapi untuk tahapan sudah dimulai sejak 15 Juni. Dalam perjalanan itu menentukan langkah-langkah, siapa bekerja apa. Karena Demokrasi harus berjalan, meski ditengah covid-19," jelasnya.

Gubernur berharap meski saat ini sedang menghadapi wabah corona virus disease 2019 (covid-19), tetapi Pilkada harus tetap berlangsung sukses.

Karena itu, gubernur meminta seluruh bupati/walikota untuk turut menyukseskan pelaksanaan Pilkada serentak di 8 kabupaten/kota.

"Bagaimana Pilkada berjalan, tapi covid-19 tidak mengganggu, bahkan lebih kecil lagi. Ini yang akan kita bicarakan pada bupati/walikota untuk menyukseskan Pilkada. Jadi tidak ada alasan tidak sukses Pilkadanya," terangnya.

Guna menyukseskan Pilkada tersebut, gubernur meminta pemerintah kabupaten/kota untuk menyusun langkah-langkah. Termasuk menyiapkan anggaran Pilkada.

Menurut Arinal, anggaran Pilkada merupakan tanggung jawab pemerintah kabupaten/kota. Sehingga Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung tidak dapat membantu.

"Jadi sesuai undang-undang, Pilkada ini menjadi tanggung jawab kabupaten/kota. Dalam posisi covid-19, maka anggaran juga harus disiapkan. Kami Pemprov tidak boleh menyiapkan anggaran, karena ada aturannya," terangnya.

Meski demikian, gubernur menyatakan Pemprov akan tetap menyiapkan anggaran terkait pelaksanaan pilkada. "Anggarannya untuk normal situasi politik, keamanan dan ekonomi di tengah covid-19 ini," ujarnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pemprov Lampung Silaturahmi dengan Pangdam II ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Pemerintah Provinsi Lampung menggelar ...


Transaksi e-Katalog di Lampung Tembus Rp826,7 ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Jumlah transaksi katalog elektronik (e-k ...


Penjabat Bupati Pringsewu Berkunjung ke Rumah ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penjabat Bupati Pringsewu, Marindo Kurniaw ...


Baturaja Bangun Sejumlah Infrastruktur dengan ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa Baturaja Kecamatan Sungkai Ut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com