PDP Asal Lambar yang Meninggal Dunia Dinyatakan Negatif Covid-19

Tanggal 24 Jun 2020 - Laporan - 520 Views
Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Lambar menyampaikan keterangan hasil swab PDP meninggal dunia

MOMENTUM, Liwa--Satu pasien dalam pengawasan (PDP) asal Kabupaten Lampung Barat (Lambar) yang meninggal dunia pada Senin 22 Juni, dinyatakan negatif covid-19. PDP itu, sebelumnya sempat menjalani perawatan di  Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Abdul Moeloek, Bandarlampung.

Kepala Dinas Kesehatan Lambar selaku Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat Paijo mengatakan, berdasarkan hasil tes swab, PDP meninggal dunia itu dinyatakan negatif. 

"Kemarin saat proses pemakaman hasil swab belum keluar. Karena itu, proses pemakaman tetap dilakukan sesuai protokol penangangan covid-19. Setelah proses pemakaman selesai, baru  swabnya keluar dan hasilnya negatif," kata Paijo.  

Dia menuturkan, berdasarkan riwayat medis, PDP meninggal dunia itu sebelumnya dirawat  Puskemas Batubrak. Kemudian dirujuk ke RSUD Alimudin Umar Lambar.

"Almarhum dirawat di RSUD Alimudin Umar dengan  keluhan gangguan pada saluran kencing atau kangker prostat. Selanjutnya, almarhum dirujuk kembali ke RSUD Abduel Moeloek, Bandarlampung untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut," tuturnya.

Saat pasein dirawat di RSUD Alimudin Umar telah dilakukan  rapid tes dengan hasil non reaktif. Namun, hasil itu berbeda saat dilakukan rapid tes oleh pihak RSUD Abdul Moeloek.

"Hasil rapid tes pihak RSUD Abdul Moeloek, menunjukan reaktif. Itu kenapa almarhum ditetapkan berstatus PDP. Kemudian dilalukan swab yang hasilnya baru keluar setelah yang bersangkutan meninggal dunia dan dimakaman," jelasnya. (**)

Laporan: Sulemy

Editor: Munizar


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com