Herlan Adianto: Menumbukan Semangat Gotong Royong

Tanggal 27 Jun 2020 - Laporan - 850 Views
Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus Herlam Adianto

MOMENTUM, Kotaagung--Selalu berpenampilan sederhana dan supel dalam perbergaulan. Itu gambaran sosok Herlan Adianto. 

Memangku jabatan sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus, tidak membuat lelaki kelahiran 45 tahun lalu itu,l merasa elite.

Bagi Herlan, jabatan sebagai anggota DPRD justru menuntutnya untuk lebih sering turun ke tengah masyarakat.

“Anggota DPRD itu kan wakil rakyat yang dipilih langsung oleh rakyat. Jadi tidak boleh meras elite. Apa lagi sungkan berinteraksi langsung dengan masyarakat dari berbagai kalangan. Kalau enggan turun ke bawah, bagai mana bisa tahu suara masyarakat,“ kata Herlan.

Lahir dan dibesarkan dari lingkungan keluarga petani sederhana, membentuk keperibadian Herlan sebagai sosok pekerja keras dengan kepedulian sosial tinggi. Sejak kecil, dia sudah akrab dengan berbagai masalah yang dihadapi masyarakat.

“Saya lahir dan besar di desa. Jadi tahu dan paham sekali dengan permasalahan yang dihadapi masyarakat desa. Umumnya hanya masalah keterbatasan ekonomi dan fasilitas pelayanan publik. Itu sebenarnya masalah utama dalam program pembangunan yang dilaksanakan pemerintah,“ ungkapnya.

Keaktifanya dalam berbagai organisasi kepemudaan, seperti :Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI)  dan Pemuda Pancasila, semakin membuat Herlan memahami apa yang menjadi pemicu tak kunjung selesainya permasalahan pembangunan tersebut.

Menurut dia, selain kebijakan yang belum sepenuhnya berpihak pada kepentingan rakyat, terkikisnya semangat gotong-royong di tengah masyarakat, menjadi faktor penyebab berbagai masalah pembangunan .

"Gotong royong ituakar budaya bangsa Indonesia. Dengan gotong-royong yang mengandung nila-nilai dan semangat kebersamaan, seberat dan sesulit apa pun masalah, akan lebih mudah diselesaikan. Semangat ini yang belum sepenuhnya tercermin dalam penyusunan dan pelaksanaan program pembangunan,“ terangnya.

Kondisi tersebut yang mendorong Herlan untuk memberanikan diri maju sebagai calon anggota DPRD. 

Menumpang perahu politik Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Herlan maju sebagai kontestan anggota legislatif Kabupaten Tanggamus

pada tahun 2014. Sikap supel dan kiprahnya dalam berbagai organiasi kepemudaan, mengatarkan Herlan terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Ranggamus periode 2014-2019.

Pengabdianya di lembaga legislatif  Kabupaten Tanggamus kembali berlanjut di periode lima tahun kedua 2019-2024.

Melalui kursi DPRD, Herlan bertekad  kembali menumbuhkan semangat gotong-royong di tengah masyarakat. Termasuk dalam proses penyusunan dan pelaksanaan program pembangunan di Kabupaten Tanggamus.

“Perumusan dan pelaksanaan kebijakan pembangunan semestinya berlandaskan semangat gotong-royong. Karen itu, mencerminkan bentuk penyerapan aspirasi masyarakat. Dengan kata lain, masyarakat harus dilibatkan secara aktif dalam pelaksanaan program pembangunan. Ini yang akan terus saya lakukan dalam mengemban tugas di  DPRD Kabupaten Tanggamus,”  terangnya. (jal/mnz)

Biodata

Nama: Herlan Adianto

Agama: Islam

Kelahiran: Gisting, 6 April 1975

Pendidikan:  SLTA

Jabatan: Anggota DPRD  Tanggamus

Partai Politik: Gerindra

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Dispora Mesuji Berencana Mengganti Nama Taman ...

MOMENTUM, Mesuji -- Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispor ...


Pengurus Pokdarwis Empat Kecamatan di Lamteng ...

MOMENTUM, Padangratu -- Pengurus kelompok sadar wisata (pokdarwis ...


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com