Belum Terima Ganti Rugi SUTET, Warga: Kami Ditipu PLN

Tanggal 09 Agu 2017 - Laporan - 1266 Views
Pertemuan perwakilan warga dengan Komisi I DPRD Lampung Utara. Foto: Yansen

Harianmomentum—Puluhan warga dari tiga desa dan satu kelurahan di Kecamatan Bukit Kemuning, mendatangi DPRD Lampung Utara (Lampura), Rabu (9/9).


Mereka mengadukan belum selesainya pembayaran ganti rugi dan kompensasi terhadap warga atas jalannya proyek Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET).

 

Sejumlah perwakilan warga ditemui ketua dan anggota Komisi I DPRD yang diketuai Guntur Laksana dengan anggotanya antara lain, Sofyan Toni, Tri Purwo, Yunizar dan Rendi.

 

Pada pertemuan itu, perwakilan masyarakat, Darwin Susandi yang juga bertindak sebagai koordinator lapangan pada aksi tersebut mengatakan, kedatangan mereka tak lain adalah untuk meminta dewan agar turut menyelesaikan permasalahan ini.

 

Menurut dia, masyarakat merasa ditipu oleh pihak PLN prihal masalah kompensasi dan ganti rugi atas jalannya proyek listrik tersebut.

 

"Kami merasa ditipu oleh PLN karena hak-hak kami yang diberikan tidak sesuai dari apa yang seharusnya didapat. Belum terjadi negosiasi soal kompensasi tapi proyek sudah berjalan dan hampir selesai. Kami merasa tidak pernah mendapat sosialisasi prihal proyek SUTET di tempat kami," aku Darwin.


Darwin  juga meminta agar DPRD setempat agar mendorong dihentikannya proyek SUTET sementara waktu, sampai ada kejelasan tentang ganti rugi dan kompensasi untuk masyarakat yang dilalui jalur SUTET.

 

"Saat ini sudah mulai pemasangan kabel dan pengerjaannya dikawal Brimob. Jika belum juga ada kejelasan kami akan banding ke MA dan akan menggelar aksi lebih besar lagi," tegas Darwin

 

Sementara itu Ketua Komisi I, Guntur Laksana mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan pihak yang ada di lapangan agar menunda pemasangan kabel listrik sebelum adanya kejelasan.

 

"Komisi I tentunya akan membantu masyarakat  tetapi juga tetap menghargai pihak-pihak yang menjalankan proyek negara itu. Intinya saat ini kami minta untuk menunda pemasangan kabel, jika memasang tali tidak masalah. Besok segera kita gelar rapat bersama pihak terkait seperti perwakilan pemerintah daerah, PLN, Kepolisian, Camat, Lurah dan perwakilan masyarakat," terang Guntur. (ysn)

 

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Ainun Sampaikan Terimakasih, PWI Lampura Beri ...

MOMENTUM, Kotabumi--Ainun Zulfa Fadhilah berhasil meraih juara Ka ...


Pemdes Kota Negara Ilir Komitmen Bangun Desa ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa (Pemdes) Kota Negara ilir Kec ...


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com