Apri Wasa: Mewujudkan Keadilan Pembangunan

Tanggal 05 Jul 2020 - Laporan - 1037 Views
Anggota DPRD Kabupaten Tanggamus Apri Wasa

MOMENTUM, Kotaagung--Murah senyum, kritis dan tegas. Begitu gambaran sosok Apri Wasa. Pria kelahiran 10 April 1983 itu juga dikenal sebagai pribadi yang supel dalam pergaulan dan sangat peduli pada sesama.

Ketegasan dan sikap kritis Apri akan semakin tampak jika mendapati hal-hal yang dinilai tidak adil. Terlebih, itilu menyangkut kepentingan umum atau masyarakat. 

Sikap krtisnya itu pula yang mendorong Apri terjun ke jalur politik bergabung dengan Partai Keadilan Sejahtera.

“Bagi saya politik itu sejatinya adalah sarana ibadah untuk memperjuangkan keadilan memenuhi hak-hak masyarakat yang masih banyak terabaikan,” kata Apri.

Pemilu tahun 2019, suami dari Fitriana maju sebagai kontestan anggota legislatif Kabupaten Tanggamus. Pembawaanya yang supel dalam pergaulan, membuahkan kepercayaan masyarakat. Dia pun terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Tanggamus periode 2019-2024.

“Saya melihat masih banyak masyarakat di Kabupaten Tanggamus yang belum sepenuhnya merasakan keadilan dalam pembangunan. Itu menjadi salah satu fokus kinerja saya di kursi DPRD ini,” ungkapnya

Menurut dia, sejatinya pelaksanaan program pembangunan harus berlandaskan asas keadilan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan itukan dibiayai oleh uang rakyat. Faktanya masih banyak masyarakat yang belum merasakan hasil pembangunan. Itu yang saya maksud, keadilan pembangunan di Kabupaten Tanggamus, belum sepenuhnya
terwujud,” terangnya.

Banyak faktor yang menyembabkan pembangunan belum menceminkan keadalian, antara lain: penyusunan rencana program yang kurang efektif menyentuh kepentingan masyarakat dan ketidaktegasan
aparatur pemerintah dalam pengawasan dan penerapan aturan pelaksanaan program pembangunan.

“Pemerintah harus lebih tegas menerapkan aturan pelaksanan program pembangunan. Saya akan dorong itu melalui fungsi kontrol yang dimiliki DPRD,”  tegasnya.

Selain itu, presentase hasil penyerapan aspirasi masyarakat yang dijadikan salah satu dasar penyusunan program pembangunan, juga harus terus ditingkatkan.

“Kalau sekedar penyerapan aspirasi masyarakat, memang sudah menjadi
tugas DPRD. Terpenting adalah bagaiman DPRD bisa meningkatan presentase hasil penyerahan aspirsi itu menjadi program pembangunan. Itu juga yang menjadi target saya menjalankan amanah sebagai wakil
rakyat,” jelasnya.

Menurut dia, optimalitas penyerapan aspirasi masyarakat menjadi program prioritas akan berdampak pada peningkatan pemerataan pembangunan.

“Kalau pemerataan program pembangunan bisa terus ditingkatkan secara berkesinambungnan. Otomatis keadilan pembangunan juga akan mudah terwujud. Intinya diperlukan ketegasan menerapkan berbagai aturan program pembangunan berlandaskan kepentingan rakyat,” tegasnya.(jal/mnz)

Biodata:
Nama: Apri Wasa, S.Pt
Kelahiran: 10 April 1983
Agama: Islam
Pendidkan: S1
Jabatan:  Anggota DPRD Tanggamus
Partai Politik m: PKS
Istri: Fitriana. R
Anak: 1. F.izzati. F
           2. Asma Ilma
           3. Akhtar Fattah

Editor: Harian Momentum

Comment

Berita Terkait


Heri Agus Setiawan: Mantan Jurnalis di Tampuk ...

MOMENTUM, Kotaagung--Heri Agus Setiawan berkecimpung dalam berbag ...


Joni Ansonet: Jembatan Aspirasi Rakyat ...

MOMENTUM, Kotaagung--Menjalankan amanah dan membela kepentingan&n ...


Apri Wasa: Mewujudkan Keadilan Pembangunan ...

MOMENTUM, Kotaagung--Murah senyum, kritis dan tegas. Begitu gamba ...


Heru: Mendorong Ekonomi Kerakyatan ...

MOMENTUM, Kotaagung--Di mata keluarga dan orang-orang terdekatnya ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com