Terbongkar, Begini Modus Sindikat Mobil Oplosan

Tanggal 11 Agu 2017 - Laporan - 814 Views
Bongkar Mobil Oplosan. Foto: Net

Harianmomentum-- Komplotan pemalsuan dan pencurian kendaraan roda empat, HFF (39), UTG (42), MHFF (34) dan SGT (38), diringkus aparat Subdit Ranmor Ditreskrimum Polda Metro Jaya (PMJ).


Sindikat tersebut merupakan spesialis mengoplos mobil hasil curian dengan surat mobil bekas kecelakaan yang dibeli melalui proses lelang di perusahaan Asuransi.


"Setelah pelaku dapat mobil lelang itu, kemudian nomor rangka dari mobil (hasil lelang) Asuransi yang masih memiliki surat-surat kendaraan lengkap itu dipindah ke mobil hasil curian," ujar Kasubdit Ranmor PMJ Ajun Komisaris Besar Antonius Agus Rahmanto dikantornya, Jumat (11/8).

Mereka mencari kendaraan bekas kecelakaan yang dilelang Asuransi untuk diambil surat-suratnya dan nomor rangkanya.

Mobil hasil oplosan tersebut sama persis dengan surat-suratnya sperti STNK dan BPKB. Sehingga, butuh keahlian khusus untuk membedakannya. Setelah semuanya dianggap aman, kata Antonius, mereka menjualnya seharga mobil pada umumnya sesuai dengan tipe dan tahun kendaraan.

"Selanjutnya kendaraan tersebut dijual dengan menggunakan surat resmi dan dengan harga sesuai dengan harga pasar dan penjualannya melalui perantara atau makelar serta iklan media cetak," paparnya.

Atas perbuatannya tersebut, para tersangka dikenakan Pasal 363 KUHP dan Pasal 480 KUHP. Sementara pelaku lainnya berinisial LF yang berperan sebagai orang yang mencari mobil lelang sesuai dengan nomor rangka dan surat-surat yang dikehendakinya. (san/rmol)

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Modus Rental, Oknum Warga Tulangbawang Gondol ...

MOMENTUM, Lambukibang--Unit Reserse Kriminal ( Reskrim ) Polsek L ...


Polisi Tangkap Pembuang Bayi di Tanggamus ...

MOMENTUM, Tanggamus - Tekab 308 Polres Tanggamus berhasil mengung ...


Diduga Saling Ejek di Instagram, Tawuran Tewa ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Aksi tawuran melibatkan dua kelompok rem ...


Niat Hati Kuasai Tanah Pasar, Kakam Bandarsar ...

MOMENTUM, Lampung Tengah--Persoalan kepemilikan tanah menjadi per ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com