Disporapar Lambar Gelar Pelatihan Tata Kelola Wisata

Tanggal 21 Jul 2020 - Laporan - 666 Views
Pelatihan tata kelola destinasi wisata yang diselenggarakan Disporapar Lambar di Wisma Sindalapai

MOMENTUM, Liwa--Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) menggelar pelatihan Tata Kelola Destinasi Pariwisata, selasa (21-7-2020)

Pelatihan yang berlangsung di Wisma Sindalapai, Kota Liwa itu diikuti 50 peserta: 29 pengurus dan pengelola obyek wisata dan 21 anggota kelompok masyarakat sadar wisata (pokdarwis).

Kepala Disporapar Lambar Tri Umaryani mengatakan, pelatihan tersebut akan berlangsung hingga tanggal 23 Juli mendatang. Materi pelatihan meliputi teknis tata kelola destinasi wisata. peserta juga akan diajak melakukan kunjungan ke salah satu destinasi wisata yang telah menerapkan tata kelola sesuai standar yang ditentukan yakni  Kampung Kopi, Pekon (desa) Rigisjaya, Kecamatan Airhitam," kata Tri Umaryani.

Pelatihan tersebut bertujuan memberikan pemahaman kepada pengelola obyek wisata dan pokdarwis tetang tata kelolal obyek wisata yang baik.

"Saat ini ada 77 destinasi wisata di Kabupaten Lampung Barat. Dari jumlah tersebut, ada 22 yang dikelola Pokdarwis. Melalui pelatihan ini, kita berharap pengelolaan obyek wisata akan semakin baik untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kabupaten Lampung Barat," harapnya.

Assisten III Bidang Administrasi Umum Pemkab Lambar Nata Djudin Amran saat membukan pelatihan tersebut mengatakan, pengembangan sektor pariwisata tidak bisa dilakukan sendiri oleh pemerintah. Diperlukan dukungan dan  peran aktif masyarakat. 

"Sektor pariwisata bukan sekedar memberikan keuntungan bagi pengelola, tapi juga berdampak pada perekonomian masyarakat di kawasan obyek wisata. Karena itu, pengembangan potensi sektor parawisata tentu memerlukan dukungan dan peran aktif masyarakat," kata Nata.

Dia berharap, dengan pelatihan tersebut, pengelolaan obyek wisata akan semakin baik dan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. (**)

Laporan: Sulemy

Editor: Munizar


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Adipati Apresiasi Program Pendidik Guru Pengg ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Guru punya peran vital dalam menunjang ...


Kodim Lambar Matangkan Persiapan TMMD ...

MOMENTUM, Liwa--Program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) k ...


Lamsel Raih WTP Delapan Kali Berturut ...

MOMENTUM, Kalianda--Untuk kedelapan kali berturut, Pemerintah Dae ...


Estimasi Jadwal Keberangkatan JCH Lampung, Kl ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agam ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com