Bupati Serahkan 30 Alsintan untuk Gapoktan Lamteng

Tanggal 28 Jul 2020 - Laporan - 642 Views
Bupati Loekman Djoyosoemarto secara langsung menyerahkan bantuan Alsintan kepada seluruh Gapoktan di Lamteng./ist

MOMENTUM, Gunungsugih--Bupati Loekman Djoyosoemarto menyerahkan 30 alat mesin pertanian (Alsintan) untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng).

Penyerahan yang dihadiri beberapa OPD dan Gapoktan se-Lamteng dilakukan langsung oleh Bupati Loekman Djoyosoemarto di Aula Balai Benih Induk (BBI) Pertanian Kelurahan Simbarwaringin, Kecamatan Trimurjo, Selasa (28-7-2020).

Bupati Loekman mengatakan, adanya Alsintan yang dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tersebut, agar seluruh Gapoktan di Lamteng dapat mengoptimalkan produksi pertaniannya.

"Saat ini masyarakat sangat mengharapkan adanya alat pertanian seperti ini, sebab petani kerap mengalami kerugian berkisar 10 sampai 15 persen setiap panen, jadi untuk mengoptimalkan hasil panen kita berikan bantuan Alsintan ini," terang Loekman.

Orang nomor satu di Lamteng ini juga berharap dengan pemberian bantuan bagi Gapoktan ini dapat memberikan keberuntungan bagi para petani dalam meningkatkan hasil pertaniannya.

"Sementara ini kita berikan kepada 30 Gapoktan, karena kita belum bisa memenuhi semua permintaan Gapoktan," ujarnya. Loekman juga mengatakan bantuan ini akan kita lakukan secara bertahap.

Kelak, Bupati menambahkan, Gapoktan yang ada dapat beralih tanaman singkong menjadi tanaman nanas. "Mengingat saat ini harga singkong sangat tidak sesuai pasaran dan semakin menurun drastis, kita juga sudah bekerja sama dengan PT GGP untuk meningkatkan hasil pertanian nanas," ungkapnya.

Selain itu, lanjut bupati gotong royong ini juga mengatakan, demi meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang pendidikan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamteng juga telah mendirikan Universitas Politeknik Negeri.

"Untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Lamteng, saya juga sudah mendirikan Universitas Politeknik Negeri di Lamteng, supaya masyarakat Lamteng yang akan meneruskan pendidikannya tidak jauh-jauh, semua itu demi warga Lamteng yang saya cintai ini," pungkasnya.(**)

Laporan: Ari/Asdijal

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Serahkan Tali Asih untuk Kafilah MT ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Penjabat (Pj) Bupati Ir. Mulyadi Irsan memb ...


Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care d ...

MOMENTUM, Ulubelu--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan m ...


Komitmen Bangun Desa, Pemdes Padang Ratu Real ...

MOMENTUM, Kotabumi--Desa Padang Ratu, Kecamatan Sungkai Utara, Ka ...


Nanang Ermanto Buka TMMD ke-120 di Lampung Se ...

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com