Tim Sosial Gotong Royong Bina Keluarga Pasien ODGJ

Tanggal 28 Jul 2020 - Laporan - 695 Views
Suasana silaturahmi dan pembinaan bagi keluarga pasien ODGJ di Kabupaten Lampung Tengah./ist

MOMENTUM, Rumbia--Tim Sosial Gotong Royong melakukan memberikan pembinaan terhadap keluarga pasien orang dalam gangguan jiwa (ODGJ) di Kecamatan Buminabung dan Rumbia.

Kegiatan itu dipimpin langsung oleh Ketua Tim Sosial Gotong Royong Lampung Tengah (Lamteng), Hj Ellya Lusiana Loekman, Selasa (28-7-2020).

Hadir mendampingi Hj Ellya, Kepala Dinas Kesehatan Lamteng, dr Otniel Sriwidiatmoko, Kepala Dinas PP dan KB Eduard Hartono, Kepala Dinas Perikanan Laksono, Kepala BKPSDM DR Chandra Puasati, dan Direktur RSUD Demang Sepulau Raya dr Asril Syahdu.

Hj Ellya menyampaikan pasien ODGJ bukanlah penyakit yang tidak dapat disembuhkan, namun bisa dipulihkan dengan kerja sama dari pihak keluarga, aparatur kampung, kader dan tenaga kesehatan Puskesmas.

"Pasien ODGJ bisa disembuhkan dan dapat bersosialisasi dengan masyarakat umum. Asalkan kita mau bekerja sama dengan semua pihak terkait," ujarnya.

Bunda Ellya berharap para keluarga pasien ODGJ agar merawatnya dengan sabar, ikhlas dan penuh kasih sayang.

"Ayo kita bersinergi dengan baik. Saya yakin kedepan  Kabupaten Lampung Tengah terbebas dari pasien ODGJ," ungkap Istri Bupati Lamteng ini.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Tim Pengerak PKK Lamteng itu juga menyosialisasikan adaptasi kehidupan baru di tengah pandemi Covid-19 kepada keluarga pasien ODGJ di Kecamatan Buminabung dan Rumbia.

"Ayo kita jalankan adaptasi kehidupan baru dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah. Contohnya memakai masker jika ingin keluar rumah atau beraktivitas, selalu jaga jarak dari kerumunan massa, dan rutin mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir," pesan Hj Ellya.

Usai memberikan pembinaan, Istri Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto ini memberikan bantuan kepada 53 keluarga pasien ODGJ di Kecamatan Buminabung dan Rumbia.(**)

Laporan: Ari/Asdijal

Editor: Agus Setyawan

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Pj Bupati Serahkan Tali Asih untuk Kafilah MT ...

MOMENTUM, Tanggamus-- Penjabat (Pj) Bupati Ir. Mulyadi Irsan memb ...


Temu Petani, Pj Bupati Bahas Program I-Care d ...

MOMENTUM, Ulubelu--Penjabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan m ...


Komitmen Bangun Desa, Pemdes Padang Ratu Real ...

MOMENTUM, Kotabumi--Desa Padang Ratu, Kecamatan Sungkai Utara, Ka ...


Nanang Ermanto Buka TMMD ke-120 di Lampung Se ...

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nan ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com