Nanang Ermanto Apresiasi Peran P4S

Tanggal 03 Agu 2020 - Laporan - 498 Views
Bupati Lampung Selatan menanam padi bersama anak-anak Desa Sukapura

MOMENTUM,Kalianda--Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) mengapresiasi peran Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Desa Sukapura, Kecamatan Sragi dalam pembangunan sektor pertanian.

Apresiasi tersebut disampaikan Bupati Lamsel Nanang Ermanto saat bersilaturahmi dengan  Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) se-Kecamatan Sragi. Kegiatan berlangsung di Aula P4S Desa Sukapura, Senin (3-8-2020).

Menurut Nanang, keberadaan P4S adalah upaya pengembangan sumber daya manusia dalam bidang pertanian. 

"P4S punya peran penting dalam pembangunan bidang pertanian. Lewat lembaga ini diberdayakan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam teknis budidaya pertanian," kata Nanang.

Selain itu, program-program P4S Desa Sukapura juga telah mendapat penilaian  terbaik kelima tingkat nasional pada tahun 2017.

"P4S memperkenalkan pertanian kepada anak usia sekolah dasar untuk ikut menanam padi secara bersama. Sedini mungkin kita harus memperkenalkan pertanian kepada anak cucu kita," kata Nanang.

Selain itu, Nanang juga meminta kepada kelompok-kelompok tani di Kabupaten Lamsel untuk tetap memperkenalkan program pertanian kepada generasi milenial. 

Menurut dia,  sektor pertanian merupakan peluang yang sangat menjanjikan jika dikelola dengan baik dan benar.Banyak petani mampu menyekolahkan anaknya hingga sarjana, tetapi meminta anaknya untuk mencari kerja disektor lain.

“Padahal, disadari atau tidak, justru dari sektor pertanian itulah dia bisa menghasilkan uang hingga menyekolahkan anaknya sampai sarjana. Jadi seharusnya kita semua mengajari dan mengajak anak cucu kita untuk mencintai pertanian," imbaunya. 

Ketua P4S Desa Sukapura Gondo Suwarno mengatakan, lembaga tersebut  didirkan pada tahun 2015. Sejak didirikan, pihaknya selalu melibatkan anak usia sekolah dasar saat penanaman mau pun saat panen padi. 

"Setiap musim tanam maupun musim panen, anak usia dini selalu kami libatkan, tetapi sifatnya baru sebatas pengenalan. Tujuanya, agar generasi muda semakin mencintai pertanian," kata Gondo.

Turut hadir pada kesempatan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Lamsel Thamrin dan sejumlah pejabat pemkab setempat. (**)

Laporan: Alpandi

Editor: munizar


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Moeldoko dan Mercu Bio-Tech Malaysia Berkunju ...

MOMENTUM, Panaragan -- Kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesi ...


Aktivitas Produksi PT San Xiong Steel Dihenti ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Lampung me ...


TMMD Lambar, Pelajar SMP Diberi Pemahaman Waw ...

MOMENTUM, Airhitam--Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Bela Negar ...


Yansos Jejama Salurkan Bantuan untuk Penyanda ...

MOMENTUM, Pringsewu -- Penyandang disabilitas warga Kecamatan Gad ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com