Masyarakat Lampung Diminta Begerak Cepat Atasi Krisis Akibat Pandemi

Tanggal 18 Agu 2020 - Laporan - 468 Views
Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto. Foto. Ist.

MOMENTUM, Gunungsugih--Masyarakat Lampung harus bergerak cepat untuk mengatasi krisis multidimensi yang terjadi akibat pandemi Covid-19 yang hingga kini belum berakhir.

Hal itu ditegaskan Bupati Lampung Tengah (Lamteng) Loekman Djoyosoemarto saat membacakan sambutan tertulis Gubernur Lampung Arinal Djunaidi pada upcara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Republik Indonesia di halaman kantor Pemkab Lamteng di Gunungsugih, Senin (17-8-2020).

Pandemi Covid 19 membuat berbagai aktivitas nyaris berhenti, baik di bidang perekonomian maupun kehidupan bermasyarakat. Peringatan Hari Kemerdekaan RI pun dilaksanakan secara sederhana untuk mencegah penyebaran Covid.

Kendati demikian, pandemi ini juga menjadi momentum untuk membenahi diri secara fundamental, melakukan transformasi besar, menjalankan strategi besar, di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, kesehatan dan pendidikan.

"Segenap masyarakat Lampung harus bergerak cepat, antara lain dengan memberikan bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat,  membantu UMKM untuk memperoleh restrukturisasi kredit dan membeli produk-produk mereka dan membantu tenaga kerja yang menjadi korban PHK.

"Saya menyambut hangat seruan moral penuh kearifan dari para ulama, pemuka agama dan tokoh-tokoh budaya, menjadikan musibah ini sebagai momentum kebangkitan baru untuk melakukan lompatan besar," ujarnya.

Dikatakannya, fleksibilitas kecepatan dan ketepatan sangat dibutuhkan, efisiensi kolaborasi dan penggunaan teknologi harus diprioritaskan, kedisiplinan nasional dan produktivitas nasional harus ditingkatkan. 

"Kita meyakini bahwa Indonesia merdeka adalah suatu jembatan emas untuk mewujudkan semua harapan berbangsa dan bernegara. Harapan tersebut hanya bisa dicapai dengan kerja nyata," katanya.

Menurut Loekman, mewujudkan Indonesia maju, harus dimulai dari kemajuan provinsi dan kabupaten/kota. "Kepada seluruh masyarakat Provinsi Lampung, saya mengajak untuk bersama-sama bekerja keras guna mensukseskan pembangunan di Provinsi Lampung," ajaknya.

Peringatan Hari Kemerdekaan RI pada tahun ini diharapkan menjadi titik awal seluruh masyarakat dalam meningkatkan kinerjanya guna melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan.

Pada upacara yang berlangsung sederhana itu, diawali dengan pembacaan Naskah Proklamasi 1945 oleh Ketua DPRD Lamteng Sumarsono. Upacara diikuti kepala dinas dan ASN setempat dalam jumlah terbatas dan mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19. (*).

Laporan: Nur/Rls.

Editor: M Furqon.


Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Rapat Paripurna Istimewa HUT ke 25 Kabupaten ...

MOMENTUM, Blambanganumpu--Memaksimalkan capaian program pembangun ...


Polsek Punggur Salurkan Bansos kepada Warga K ...

MOMENTUM, Punggur--Kepolisian Sektor (Polsek) Punggur, Polres Lam ...


Mengenal Sosok Kadis Pariwisata dan Kebudayaa ...

MOMENTUM, Kalianda--Kurnia Oktaviani S.Sos MM atau yang lebih akr ...


Cegah DBD, Kapolsek Selagai Lingga Lakukan Fo ...

MOMENTUM, Selagailingga--Aktif berupaya mencegah berkembangnya pe ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com