Kemenag Peduli Sediakan Pinjaman Modal Tanpa Bunga

Tanggal 18 Agu 2020 - Laporan - 564 Views
Kepala Kantor Kemenag Lamtim, Karwito. Foto. Arif.

MOMENTUM, Sukadana--Kementerian Agama (Kemenag) Lampung Timur (Lamtim) menyediakan pinjaman modal untuk usaha kecil tanpa bunga bagi masyarakat kurang mampu.

Pinjaman modal yang disalurkan melalui program Kemenag Peduli atau Kemenag Care itu, juga memberikan bantuan kepada masyarakat kurang mampu atau fakir miskin.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Lamtim, Karwito, Selasa (18-8-2020), program tersebut sudah berjalan lebih dari sepuluh tahun. "Sasarannya kaum dhuafa, fakir miskin yang ada di Lamtim," katanya.

Menurut dia, program itu awalnya khusus untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat dengan memberikan bantuan pinjaman modal usaha kecil tanpa bunga untuk masyarakat kurang mampu.

Namun, program tersebut kemudian diperluas cakupannya. Tidak hanya untuk kaum duafa pelaku usaha. Tetapi juga memberikan bantuan pendidikan kepada siswa sisiwi madrasah dari keluarga tidak mampu. Bantuannya berupa seragam sekolah, alat tulis dan uang saku.

"Program bantuan pendidikan itu dilaksanakan tepat pada peringatan HUT ke-75 Republik Indonesia dan menyambut tahun baru Islam 1442 Hijriah," katanya.

Karwito mengajak masyarakat untuk bersama-sama memberikan perhatian kepada kelaurga kurang mampu agar bisa merasakan kebahagiaan seperti masyarakat lainnya.

Sementara Ketua Unit Pengumpul Zakat Kantor Kemenag Lamtim, Solihin Panji, menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan Kemenag Lamtim melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) sebagai penghimpun zakat infaq sedekah khususnya dari pegawai di lingkungan Kemenag Lamtim.

Pada kesempatan itu, menghadirkan masyarakat kurang mampu dari wilayah Subingputra Tiga (ex. Talangsari), baik sebagai saksi sejarah tahun 1989 maupun keturunan pelaku sejarah, ujarnya. (*).

Laporan: Arif Fahrudin.

Editor: M Furqon.

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Nanang Ermanto Buka TMMD ke-120 di Lampung Se ...

MOMENTUM, Tanjungbintang--Bupati Lampung Selatan (Lamsel), H. Nan ...


Ainun Sampaikan Terimakasih, PWI Lampura Beri ...

MOMENTUM, Kotabumi--Ainun Zulfa Fadhilah berhasil meraih juara Ka ...


Pemdes Kota Negara Ilir Komitmen Bangun Desa ...

MOMENTUM, Kotabumi--Pemerintah Desa (Pemdes) Kota Negara ilir Kec ...


May Day di Lampung, Serikat Buruh Solid Tuntu ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Demonstrasi masih menjadi peringatan rut ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com