Bupati dan Jajaran Pemkab Lamsel Rapid Tes, Ini Hasilnya

Tanggal 27 Agu 2020 - Laporan - 518 Views
Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto mengikuti rapid tes covdi-19

MOMENTUM, Kalianda--Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto bersama Sekretaris Daerah Thamrin dan jajaran pejabat pemkab setempat mengikuti rapid tes covid-19. Kegiatan berlangsung di Rumah Dinas Bupati Lamsel, Kamis (27-8-2020).

Kepala Dinas Kesehatan Lamsel dr. Jimmy Baggas Hutapea mengatakan, rapid test tersebut dilakukan berdasarkan kebijakan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covi-19 kabupaten setempat.

"Rapid tes ini kebijakan pak bupati selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covi-19 Kabupaten Lampung Selatan. Tujuannya untuk mencegah penularan covid-19 di lingkup pemkab, mengingata mobilitas para pejabat pemkab ini cukup tinggi," kata Jimmy.

Berdasarkan hasik rapid tes terhadap bupati, sekda, dan sejumlah pejabat lainnya tidak ditemukan hasil reaktif.

"Pak bupati, sekda dan beberapa pejabat yang sudah dirapid test hasilnya nonreaktif. Mudah-mudahan sampai dengan selesai semua non reaktif,"harapnya.

Menurut dia, jika hasil rapid tes tersebut ada yang reaktif, akan dilaporkan kepada pimpinan untuk ditindaklanjuti.

“Sesuai pedoman revisi yang kelima, ketika rapid tes hasilnya ada yang reaktif, tapi tidak bergejala, yang bersangkutan harus melakukan isolasi di rumah. Kalau ada gejala ke arah covid seperti demam batuk, maka harus diisolasi di rumah sakit," jelasnya. 

Rapid tes tersebut bukan yang pertama. Sebelumnya, Pemkab Lamsel telah melakukan rapid tes kepada para pegawai di sejumlah kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), terutama yang tugasnya bersentuhan langsung dengan pelayanan publik.

“Catatan kami sudah sembilan OPD yang melakukan rapid tes massal. Ini sesuai kebijakan Ketua Gugus Tugas, agar pegawai OPD yang terkait dengan pelayanan publik dilakukan skrining. Bukan hanya pejabatnya, tetapi seluruh staf yang ada di OPD itu,” ungkapnya.

Kegiatan rapid tes itu melibatkan tenaga kesehatan dari Dinkes Lamsel, seperti: unit laboratorium kesehatan daerah dan public safety center (PSC) 119. “Petugas kita ada sepuluh orang. Semua dari Dinas Kesehatan," terangnya. (**) 

Laporan: Alpandi

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com