Lampung Catat 8 Dokter Positif Covid-19

Tanggal 31 Agu 2020 - Laporan - 1063 Views
Ilustrasi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Provinsi Lampung mencatat adanya delapan dokter yang terkonfirmasi positif corona virus disease 2019 (covid-19).

Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Lampung Reihana menjelaskan delapan dokter itu berasal dari rumah sakit dan yang melakukan praktik.

"Sampai hari ini sudah ada delapan dokter yang positif covid-19 di Provinsi Lampung," kata Reihana saat diwawancarai di Posko Satgas Penanganan Covid-19, Senin (31-8-2020).

Meski demikian, Reihana memastikan seluruh dokter yang dinyatakan positif covid-19 saat ini sudah selesai menjalani isolasi. "Alhamdulillah semua sudah dinyatakan sembuh," ujarnya.

Dia juga mengingatkan kepada seluruh pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 agar terbuka kepada tenaga kesehatan yang menanganinya.

"Saya mohon sekali, agar pasien-pasien bisa berkata jujur. Karena akibat tidak jujur itu ada tenaga kesehatan yang positif," jelasnya.

Menurut dia, seluruh tenaga kesehatan di Lampung sudah memakai alat pelindung diri (APD) yang sesuai. "Namun, kadang saat memeriksa pasien kita ketahui ada pasien yang positif," ujarnya.

Dia berharap tidak ada lagi tenaga kesehatan di Provinsi Lampung yang positif covid-19, bahkan meninggal dunia.

Diketahui, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mencatat ada 100 dokter yang meninggal selama pandemi akibat tertular covid-19. 

Ketua Umum Pengurus Besar IDI, Daeng Faqih menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya 100 orang rekan sejawatnya. Ia juga menyampaikan ucapan duka kepada petugas kesehatan lainnya yang telah gugur.

"Sejawat dokter yang gugur dalam penanganan Covid-19 sudah mencapai 100. Demikian juga petugas kesehatan lainnya yang gugur juga bertambah," ujarnya. 

Untuk diketahui, BPS mencatat jumlah dokter di Indonesia pada 2019 sebanyak 81.011 orang. Sebaran terbanyak terpusat di Pulau Jawa yakni DKI Jakarta 11.365 orang, Jawa Timur 10.802, Jawa Tengah 9.747, dan Jawa Barat 8.771. (**)

Laporan/Editor: Agung DW

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Kasus DBD di Metro Meningkat Drastis ...

MOMENTUM, Metro--Jumlah kasus penularan penyakit deman berdarah d ...


Di Lampung Utara: 798 Orang Terjangkit Demam ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Penderita demam berdarah atau DBD di Kabupa ...


Dinkes Mesuji Catat 100 Kasus DBD ...

MOENTUM, Mesuji--Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji mencatata selam ...


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com