Halangi Sosialisasi Bacalonkada, Camat Panjang Disoraki Warga

Tanggal 06 Sep 2020 - Laporan - 1712 Views
Camat Panjang Bagus Harisma Bramado (kemeja biru) di tengah sosialisasi bacalonkada M Yusuf Kohar (kemeja batik).//ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Camat Panjang Bagus Harisma Bramado disoraki warganya, karena diduga menghalang-halangi sosialisasi yang disampaikan bakal calon Walikota Bandarlampung M Yusuf Kohar.

Bukan hanya disoraki, berdasarkan pesan yang disampaikan akun facebook @ahmad pada Sabtu (5-9-2020), camat setempat juga diusir oleh warganya sendiri.

“Sosialisasi bersama Yusuf Kohar di Rusun Ketapang dikawal linmas, camat diusir warganya,” begitu pesan yang disampaikan akun facebook @ahmad itu.

Tulisan itu diunggah bersamaan dengan video perseteruan antara warga dengan Camat Panjang, Bagus Harisma Bramado.

Dalam video yang diunggahnya tersebut, terlihat bakal calon kepala daerah (bacalonakada) M Yusuf Kohar sedang sosialisasi di hadapan warga rusunawa (rumah susun sederhana sewa) Kelurahan Ketapang, Kecamatan Panjang, Sabtu siang (5-9).

“Ibu-ibu saya ucapkan terimakasih ya, saya besosialisasi disini. Tidak ada satu pun orang yang bisa menghalangi sosialisasi ini. Silakan pilih siapa yang tepat. Kita memilih pemimpin, tidak boleh ada satu pun yang menghalangi,” kata Yusuf Kohar dalam video singkat itu.

Yusuf juga mengatakan bahwa saat ini siapa pun boleh membagikan sembako untuk warga. Apalagi saat ini ditengah pandemi covid-19.

“Siapapun boleh membagikan sembako atau apapun juga. Setelah calon ditetapkan tanggal 23 nanti baru urusan KPU. Sekarang ini baru bakal calon,” jelasnya.

Namun camat Bramado menolak pernyataan Yusuf Kohar. Menurut dia, bacalonkada tidak boleh membagikan sembako.

“Tidak boleh pak, sekarang pun tidak boleh,” kata camat, menyela ucapan Yusuf Kohar di hadapan warga setempat.

Warga setempat yang notabennya emak-emak pun sontak menyoraki perkataan camat tersebut.“Huuuu, huuuu,” sambil menjauhkan camat dari Yusuf Kohar.

Pada video terpisah, camat pun menyatakan bahwa rusunawa dalah fasilitas negara. "Fasilitas negara rusunawa ini ya," ujar camat Bramado.

Menurut dia, Yusuf Kohar sebagai bacalonkada yang juga Wakil Walikota Bandarlampung telah bersosialisasi di fasilitas negara.

"Justru karena saya camat saya tau aturan. Ini fasilitas negara disumbang oleh APBD Kota Bandarlampung, namun dipakai untuk bersosialisasi," kata dia.

Pernyataan itu pun lagi-lagi ditepis oleh warga setempat. Menurut warga, fasilitas negara berasal dari uang rakyat, dan kembali untuk rakyat.

"Tidak ada yang melakukan sosialisasi di dalam fasilitas negara, itu di luar," teriak salah satu warga membela Yusuf Kohar.

Warga pun meminta camat untuk diam. “Abang kan camat. Tidak ada etika teriak-teriak. Orang itu coba pakai akal sehat, kita ini semua saudara," seru warga lainnya kepada Camat Panjang tersebut.

Hingga berita ini diturunkan, Camat Panjang Bagus Harisma Bramado belum berhasil dikonfirmasi. Berkali-kali dihubungi ke nomor teleponnya serta dikirimkan pesan singkat ke 0811-7281-xxx, namun tidak direspon meski dalam keadaan aktif.(**)

Laporan: Vino Anggi Wijaya

Editor: Agung Chandra Widi

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Siap Tarung Pilgub, Arinal Ajak Demokrat Bang ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPD Golkar Lampung, Arinal Djunaid ...


Tuntaskan Janji Kerja, Arinal Kembali Ikut Ko ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Arinal Djunaidi bakal kembali mengikuti ...


Kembalikan Berkas di PDI Perjuangan, Edy Iraw ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Bakal calon wakil gubernur Edy Irawan Ar ...


Arinal Djunaidi Kembalikan Berkas Pendaftaran ...

MOMENTUM, Bandarlampung--Petahana Gubernur, Arinal Djunaidi telah ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com