Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Dimakamkan di Talangpadang

Tanggal 13 Sep 2020 - Laporan - 994 Views
Proses penggalian makam pasien covid-19 di Kecamatan Talangpadang, Kabupaten Tanggamus

MOMENTUM, Talangpadang--Personel gabungan dari Polres Tanggamus dan Kodim 0424 membantu penggalian kubur untuk pemakaman jenazah pasien Covid-19 dengan nomor kode: P05. Proses penggalian kubur dipimpin Kapolsek Talangpadang Iptu.Khairul Yassin Ariga, Minggu (13-9-2020).

Perwira pengawas dari Polres Tanggamus Iptu.M Yusuf mengatakan, pemilihan lokasi pemakaman itu berdasarkan hasil koordinasi lintas instansi dan musyawarah dengan  pihak keluarga dan tokoh masyarakat di alamat pasien 05.

"Hasil koordinasi, diputuskan pasien 05 dimakamkan di pemakaman baru pada salah satu Pekon di Kecamatan Talangpadang," kata Iptu M. Yusuf mewakili Kapolres Tanggamus AKBP. Oni Prasetya.

Menurut Iptu M. Yusuf, jenazah tiba di lokasi pemakaman sekitar pukul 12.30 WIB,  menggunakan mobil ambulans Rumah Sakit Mitra Husada, Pringsewu. Porses pemakaman dilaksanak dengan stadar protokol kesehatan. 

"Untuk penggalian makam ini, kita mengerahkan dua personel Personel Polres dibantun dua personel dari TNI dan dua perseonel kesehatan, dibantu warga. Proses pemakaman dengan protokol kesehatan selesai sikitar  14.00 WIB," terangnya.

Hal senada disampaikan Kapolsek Talangpadang Iptu.Khairul Yassin. Menurut dia, sebelum proses pemakaman, pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada warga agar menerima pasien 05 untuk dimakamkan di wilayah setempat.

"Hasil koordinasi kepada Kadis Kesehatan, Kepala Puskesmas, Camat, Danramil dan pihak keluarga dan masyarakat, tidak ada penolakan,"  ungkapnya.

Menurut dia, tempat pemakaman pasien covid-19 itu adalah lokasi baru yang belum ada maka lain.

Baca juga:  Kasus Covid-19 Bertambah 49

Sebelumnya, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tanggamus dr. Eka Priyanto mengatakan, pasien 05  meninggal dunia  saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Mitra Husada Kabupaten Pringsewu 

"Pasien 05 Tanggamus, yang beralamatkan di Talangpadang meninggal dunia pada pukul Minggu 13 September 2020, sekitar pukul 05.10 WIB," kata dr. Eka.

Proses pemulasaraan jenazah pasien 05 dilaksanakan oleh pihak RS Mitra Husada sesuai protap covid-19.

"Sample swab hasil tracking terhadap  enam orang keluarga pasien 05 sudah dikirim ke Labkseda Dinkes Provinsi Lampung. Namun hingga hari ini hasilnya belum keluar," ungkapnya. (**)

Laporan: Galih

Editor: Munizar

Editor: Harian Momentum


Comment

Berita Terkait


Donor di PTPN I Regional 7 Bantu Atasi Defisi ...

MOMENTUM, Bandarlampung -- Unit Donor Darah (UDD) PMI Lampung men ...


RS Urip Sumoharjo Diduga Telantarkan Jenazah ...

MOMENTUM,Bandarlampung--Sebuah video yang dinarasikan ada seoaran ...


PWI Lampung Utara Berikan Bantuan kepada Bayi ...

MOMENTUM, Kotabumi -- Pengurus PWI Lampung Utara memberikan bantu ...


Peringatan Hari Gizi Nasional, Royco Edukasi ...

MOMENTUM, Jakarta -- Peringatan Hari Gizi Nasional 2024, perusaha ...


E-Mail: harianmomentum@gmail.com